Suasana perkuliahan di kelas internasional di UMP Banyumas.(FOTO:TM/HRN)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, menerima mahasiswa program kelas internasional bagi mahasiswa program sarjana dan magister pada tahun akademik 2021/2022.

Saat ini, sudah ada sedikitnya 20 mahasiswa kelas internasional mulai dari jenjang S1 maupun S2. Mereka berasal dari Pakistan, Maroko, Gambia, Mali, Yamen, Urganda, Sudan, Turkmenistan, Rusia, Tajikistan, Prancis, Yemen, dan Malawi.

Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP Dr Yudha Febrianta, M. Or mengatakan, pendaftaran Program Kelas Internasional di buka secara online melalui laman https://international.pmb.ump.ac.id.

“Program Studi (Prodi) yang telah membuka kelas internasional di UMP yakni Akuntansi S-1, Manajemen S-1, Pendidikan Bahasa Inggris S-1, Sastra Inggris S-1, Pendidikan Bahasa Inggris S-2, dan Manajemen S-2,” katanya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP menjelaskan, program kelas internasional adalah kelas yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dengan standar pengetahuan internasional sehingga mereka mampu bersaing, berkolaborasi, dan berkontribusi secara global.

“Mahasiswa secara sistematis akan menambah pengetahuan internasional melalui program dan acara yang ditawarkan. Program internasional ini juga akan meningkatkan kemandirian mahasiswa untuk mengembangkan jiwa wirausaha, memperluas wawasan, lebih percaya diri, dan memperluas jaringan di seluruh dunia atas dasar Islam dan akhlak mulia. Semua kegiatan di kelas internasional akan dilakukan dalam platform berbahasa Inggris,”kata Ir Aman Suyadi MP, Rabu(01/09/2021).

Perbedaan kelas reguler dengan kelas internasional diantaranya, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman-pengalaman internasional yang telah didesain dan ditawarkan oleh program kelas internasional.

“Proses belajar mengajar akan dilaksanakan menggunakan Bahasa Inggris, dan standar kualitas proses juga akan disesuaikan dengan standar internasional. Mahasiswa juga akan mendapatkan kegiatan extrakurikuler internasional, seperti English club, Media Club, Internasional Debate club dll, untuk mengasah pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dengan standar internasional,” ujarnya.

Mahasiswa diprioritaskan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman internasional, seperti credit transfer, sit in, dual degree. Mahasiswa berhak mendapatkan surat keterangan resmi dari fakultas yang menyatakan bahwa mahasiswa lulus dari program internasional.

“Universitas sudah berkomitmen untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional untuk mengikuti program internasional di masing-masing Fakultas. Minimal akan ada 3-5 mahasiswa internasional yang akan mengikuti program internasional,”paparnya.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini