Suasana pelaksanaan pembersihan di lokasi longsor.(FOTO:TM/H-03)

BANYUMAS( TERASMEDIA.ID)-Tanpa hujan, angin dan getaran apapun, tebing setinggi kurang lebih 30 meter di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok, longsor menutup jalan, Rabu(17/11/2021) sore.

Akibatnya, arus lalu lintas dari Desa Gununglurah menuju Desa Sambirata dan sebaliknya tak bisa dilalui, karena tertutup longsoran material setebal tiga meter, panjang 10 meter dan lebar enam meter.

Pada saat longsoran terjadi, ada seorang pengendara sepeda motor yang sedang melintas sempat tertimpa material longsoran sehingga motor dan korban terseret material longsoran.

Beruntung pada saat teetimpa longsoran, korban dapat diselamatkan oleh warga sekitar yang langsung melarikannya ke RSUD Ajibarang.

“Korban mengalami luka lecet pada kaki, tangan dan pelipis, serta kendaraan yang dikendarainya mengalami rusak berat,” kata Rohadi(47) warga sekitar.

Menurut Rohadi, korban bernama Irma Liyatin(38) warga RT 05/ RW 05 Desa Gumelar Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas.

Rohadi mengaku, penyebab longsornya tebing ini, diduga tanah tersebut labil dan strukturnya sangat gembur. Terlebih, saat ini musim hujan sehingga berpotensi mudah longsor.

Koordinator Tagana Kabupaten Banyumas Ady Candra, mengatakan, saat ini tim relawan gabungan melakukan pembersihan material longsoran, menggunakan semprot air mobil milik UPT Damkar Banyumas.

Mengingat cuaca yang tidak menentu dan kondisi tebing yang labil sewaktu – waktu dapat longsor kembali, maka pada pukul 17.30 pembersihan sementara dihentikan.

“Berdasarkan rapat koordinasi antara Kabid Darlog BPBD Kab. Banyumas, Foekopincam Cilongok, Pemdes Gununglurah, Pemdes Sambirata dan Relawan Gabungan, akhirnya disepakati pembersihan material malam hari tidak dilanjutkan,”kata Ady Candra.

Untuk mengamankan lokasi, maka Pemdes Gununglurah dan Pemdes Sambirata menutup total sementara jalur penghubung antar dua desa tersebut.

Pembersihan material longsoran karena volume tanah sangat banyak, akan dilakukan menggunakan backhoe dan dump truk agar lebih efisien.

“Sementara, relawan besok hari Kamis, 18 November 2021 tetap hadir di Desa Gununglurah guna melakukan pembersihan material longsoran di wilayah RT 05 RW 01 Desa Gununglurah,” ujar Ady Candra.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini