JAKARATA(TERASMEDIA.ID) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenakan topi pet merah pengatur perjalanan untuk melepas Mudik Gratis Lebaran 2022 melalui jalur kereta api, Jumat (29/04/2022).

Ada empat gerbong yang membawa sebanyak 320 pemudik asal Jawa Tengah dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta. 

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu sampai di stasiun sekitar pukul 07.15 WIB dan menemui pemudik yang sudah duduk di kursi gerbong.

Mereka bersiap diberangkatkan menuju Semarang dengan kereta api Tawang Jaya.

“Ada dua moda transportasi yang kita gunakan (mudik gratis). Kemarin bus, dan hari ini kereta api,” kata Ganjar Pranowo.

Menurut Ganjar, mudik menggunakan kereta api jauh lebih nyaman dan aman. Sebab, dalam perjalanan relatif lancar tidak mengantre di pintu-pintu tol.

“Kereta api sebenarnya lebih nyaman dan lebih enak. Karena relatif tidak mengantre di pintu-pintu tol,” ucapnya.

Selain itu, ia bercerita pengalaman mudik bersama warga Jawa Tengah di tahun-tahun sebelumnya menggunakan kereta api.

Kali ini, Ganjar didampingi istri, Siti Atikoh kembali mudik bareng naik kereta api.

“Saya punya pengalaman sama istri waktu itu pulang mudik persis seperti ini, lebih meriah. Di kereta bisa jalan sepanjang gerbong, dan bisa ketawa bersama warga di sana,” kisahnya.

Sementara, rasa senang dapat mudik gratis menggunakan kereta api disampaikan Subandoni, peserta asal Grobogan.

“Ya, sangat senang bisa mudik gratis. Ini ekonomi kan lagi sulit dan mencari tiket mudik susah,” ujar Subandoni

Ia sudah sekitar delapan tahun merantau di Jakarta. Ini pengalaman mudik gratis, ditambah lagi satu kereta dengan Gubernur Ganjar.

“Iya senang. Saya berterimakasih kepada Pak Ganjar. Ini sangat membantu. Pendaftarannya juga mudah hanya pakai KTP dan vaksin booster,” tuturnya.

Begitu pula dengan Harun, peserta mudik gratis asal Wedung, Kabupaten Demak. Ia sudah menjadi langganan mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Ia juga merasa senang dapat satu kereta dengan Gubernur. 

“Saya sangat senang. Karena ini sangat membantu dari pada kita naik busa bisa berlipat ongkosnya. Ini ongkosnya kan bisa dibuat keperluan di kampung,” tandas Harun.(Dul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini