KENDAL(TERASMEDIA.ID)- Ayyub(62), seorang guru ngaji di Desa Bojonggede Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal, tak bisa menyembunyikan rasa kebahagiaannya mengetahui rumah tempatnya tinggal dan tempat mengajar ngaji akan diperbaiki Gubernur Jawa Tengah(Jateng) Ganjar Pranowo.

“Pak Ganjar, alhamdulillah matur nuwun sanget,” kata Ayyub ketika Ganjar tiba di halaman rumahnya, Senin (11/04/2022).

“Jenengan biasane ngajari bocah-bocah teng pundi pak? Lha ini kayunya masih bagus,” ujar Ganjar yang disambut Ayyub dengan ucapan syukur alhamdulillah berulangkali.

Ayyub menerima bantuan Pentasharufan sebesar Rp 20 juta untuk Rumah Tak Layak Huni (RTLH). Rumahnya berdiri dengan mayoritas materialnya kayu dan lantainya masih berupa tanah.

“Kalau hujan deras, di dalam sini kondisinya becek pak,” ujar Ayyub.

“Yawis nanti dibenerin depannya, dibikin kamar lagi nanti tempat ngajinya separuh aja. Sama dindingnya ditembok itu,” ucap Ganjar.

Tak hanya Ayyub, Ganjar juga memberikan bantuan RTLH kepada guru ngaji lainnya yakni Rosidin(60). Menariknya, Rosidin selain mengajar ngaji juga turut andil dalam kepengurusan di kelurahan setempat untuk membedah rumah warga.

“Sampeyan biasane mbedah rumahe warga, saiki rumah jenengan dibedah ya. Kamare ditambahi. Ditata biar buat ngaji juga enak,” ungkap Ganjar.

Ganjar mengatakan, bantuan RTLH ini merupakan wujud apresiasi pemerintah kepada guru ngaji. Mereka, kata Ganjar telah mengabdikan diri untuk mendidik anak-anak agar bisa mengaji.

Selain itu, menurut Ganjar, program ini juga sekaligus sebagai upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kendal.

Secara global, capaian renovasi RTLH yang dilakukan Ganjar di tahun 2022 hingga saat ini sudah mencapai sekitar 6.650 unit.

“Kami bekerjasama dengan Baznas Provinsi Jatengg, bergerak bersama. Paralel dengan itu yang lain juga diberikan. Tentu saya tidak bisa menyerahkan sendiri semuanya. Maka kami sambil datang ke Kendal hari ini ketemu pak kiai bisa memperbaiki, karena mereka juga punya jasa yang baik,” tandas Ganjar.

Kepala Desa Bojong Gede, Didik Heriawan, mengucapkan banyak terima kasih Kepada Gubernur Jawa Tengah yang secara langsung menyerahkan bantuan RLTH kepada dua warganya yaitu Ayub dan Rosidin.

“Kami dari pihak desa akan membantu dalam bentuk swadaya masyarakat,” ucap Didik Hariawan.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini