PURBALINGGA(TERASMEDIA.ID)- Polres Purbalingga bersama Dinas Pertanian setempat, melakukan pengecekan kondisi kesehatan hewan di sejumlah peternakan sapi, salah satunya di Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja Kabupaten PurbaIingga, Kamis (12/05/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh petugas dari Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta dan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap ini, petugas melakukan pemeriksaan terhadap sapi- sapi itu,dan juga melakukan pemeriksaan serta mengambil sampel darah dan air liur sapi tersebut.

Kabag Ops Polres Purbalingga, Kompol Totok Nuryanto, mengatakan, dengan adanya penyakit mulut dan kuku (PMK), pihaknya bersama Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan.

“Kegiatan pengecekan dilakukan untuk antisipasi maupun mendeteksi dini terhadap penyakit mulut dan kuku ternak sapi di wilayah Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Kabag Ops juga menyampaikan, bahwa uji sampel pengambilan darah dan pemeriksaan liur sapi di peternakan Desa Karanggedang ini, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Balai Besar Veteriner Yogyakarta.

“Untuk pemeriksaan darah dan liur sapi yang telah dilakukan hari ini, hasilnya menunggu dari pemeriksaan laboratorium,” jelasnya.

Kabag Ops menambahkan, pihaknya bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga akan terus melakukan monitoring terhadap peternakan sapi di wilayah Kabupaten Purbalingga.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini