Petugas kesehatan sedang memeriksa suhu peserta vaksinasi.(FOTO:TM/MGN-11)

BLORA(TERASMEDIA.ID)– Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Blora, memastikan belum ada kasus varian omicron BA4 dan BA5. Meski begitu, masyarakat diminta tetap waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

”Saat ini di Blora belum ditemukan adanya kasus BA4 dan BA5. Semoga kondisi terus seperti saat ini dan kasus Covid-19 terus melandai,” kata Kepala Dinkes Blora Edi Widayat, Rabu (22/06/2022).

Selama beberapa pekan terakhir, menurut Edi Widayat, tidak ada penambahan kasus Covid-19. Meski demikian, pihaknya meminta kepada rumah sakit rujukan tetap diwajibkan menyediakan ruang isolasi pasien Covid-19.

“Meskipun kasus pandemi Covid-19 belum dicabut saat ini diketahui terus menunjukan tren penurunan kasus, bahkan nol,” ujarnya.

Dijelaskan Edi, Virus BA4 dan BA5 lebih cepat menular. Namun virus ini memiliki gejala ringan dari pada varian sebelumnya.

“Ini disebabkan virus sering bermutasi, heard imunitas kita tercapai karena vaksinasi. Sehingga gejala yang timbul dari varian ini cukup ringan dan tidak sampai harus masuk rumah sakit,” terang Edi.

Meski kasus Covid -19 saat ini terus terkendali, dirinya meminta kepada masyarakat untuk tetap menjalankan prokes dan segera melengkapi vaksinasinya. Sebab protokol kesehatan menjadi kunci utama pencegahan penularan Covid-19.

”Semua varian Covid-19 pencegahannya sama yakni protokol kesehatan dan vaksin lengkap sampai booster,” tandas Edi.(MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini