Salah seorang warga sedang difoto oleh petugas.(FOTO:TM/ Elvira)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Pemerintah Desa Laban Kecamatan Kangkung, terus berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Salah satunya yaitu melaksanakan perekaman data KTP pada masyarakat pemula.

“Sasaran utama perekaman data ini untuk generasi muda yang belum memiliki KTP/pemula,” kata Kepala Desa Laban, Adibul Farah, Senin(27/06/2022).

Menurut Adibul Farah, bahwa kegiatan ini dilakukan atas kerja sama Pemerintah Desa Laban dan Dispendukcapil Kendal, sekaligus memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.

Disamping perekaman data untuk pemula, ada juga lansia, maupun ODGJ dan lainnya.

“Dalam kegiatan ini, terdapat 30 pemula, ODGJ 2 dan lansia 3 orang.
Untuk ODGJ dan lansia petugas dari desa dan Dispendukcapil mendatangi rumah mereka,” ujarnya.

Adibul Farah mangaku, masyarakat cukup antusias dengan kegiatan ini.Terbukti mereka yang pemula datang ke balai desa untuk melakukan perekaman data KTP.

“Nanti setelah KTP jadi pihak pemerintah desa yang akan membagikan pada yang bersangkutan,” ucapnya.

Sementara itu, Didit Setya Bahari petugas dari Dispendukcapil mengatakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk pelayanan dari Dispendukcapil pada masyarakat.

Menurutnya, perekaman data KTP pemula bisa dilaksanakan pada usia 16 tahun, akan tetapi cetak KTP nanti pada usia 17 tahun.

“Ini juga berkaitan dengan penambahan data pemilih pada pemilu 2024 nanti,” katanya.

Dikatakan, setiap desa bisa melaksanakan perekaman data KTP pemula dengan catatan mengajukan permohonan ke Dispendukcapil.

“Nanti petugas dari Dispendukcapil akan mendatangi kantor desa yang mengajukan sebagaimana di Desa Laban ini,”ujarnya. (Elvira)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini