BLORA(TERASMEDIA.ID)-Sebanyak enam Puskesmas di Kabupaten Blora menerima bantuan mobil ambulance dari Dinas Kesehatan. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Blora, Arief Rohman di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (07/07/2022).

Keenam Puskesmas yang menerima bantuan mobil ambulance yakni, Puskesmas Kapuan Cepu, Puskesmas Sambong, Puskesmas Blora, Puskesmas Todanan, Puskesmas Japah dan Puskesmas Jiken.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat, mengatakan bantuan mobil ambulance ini bersumber dari dana APBD dan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) tahun 2022.

“Kegiatan pagi ini utamanya adalah penyerahan enam mobil ambulance dari dana APBD kepada 6 Puskesmas,” kata Edi Widayat.
Edi Widayat mengungkapkan, bantuan mobil ambulance ini diberikan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

‘Tujuannya, untuk menunjang operasional Puskesmas, dan tentu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Edi Widayat mengakui, jika bantuan mobil ambulance ini masih sangat kurang jika dibandingkan dengan jumlah Puskesmas yang ada.

” Masih kurang. Tapi kemampuan kami baru beli enam untuk mengganti mobil-mobil yang sudah tua. Idealnya per Puskesmas itu, dua sampai tiga kalau yang rawat jalan bahkan bisa sampai empat,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman berharap, keberadaan mobil ambulance baru ini mampu menunjang kinerja Puskesmas.

Dirinya pun meminta seluruh Puskesmas dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

” Semoga bisa meningkatkan pelayanan. Kami harapkan Puskesmas dan rumah sakit bisa bersinergi karena masih banyak keluhan masyarakat terutama bagimana proses rujukan,” kata Bupati Blora, Arief Rohman.

Pemkab sendiri kata Arief, akan terus berupaya memenuhi sarana dan prasarana bagi seluruh Puskesmas untuk menunjang kinerja.

“Sambil nanti kami kaji lagi. Kami ada 26 Puskesmas dan ini baru enam. Secara bergilir nanti akan kami berikan sarana dan prasarana termasuk SDM juga perlu kami tingkatkan,” ujarnya.(MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini