PURBALINGGA(TERASMEDIA.ID) – Pembangunan akses jalan antar desa penghubung Desa Buara dengan desa lainnya di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, menjadi fokus pelaksanaan Program Operasi Bakti TNI melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Kodim 0702/Purbalingga.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 30 hari sejak tanggal 26 Juli hingga 24 Agustus 2022 mendatang.

Pembukaan akses jalan baru menjadi salah satu prioritas dalam pelaksanaan TMMD ini, salah satunya untuk memudahkan akses jalan desa khususnya untuk para petani.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan dilakukannya penandatanganan berita acara penyerahan program TMMD dari Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi kepada Komandan Kodim 0702/Purbalingga selaku Dansatgas, Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol, di Pendopo Dipokusumo, Selasa, (26/07/2022).

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0702/Purbalingga Kapten Arm Wahyudi Seno H., A.Md selaku Perwira Koordinator Program TMMD dalam laporannya menyebut sasaran fisik yang akan dilaksanakan adalah pembangunan jalan baru sepanjang 1304 meter dengan lebar 9 meter.

Selain itu pembangunan pendukung lainnya seperti gorong-gorong dan pembangunan plat beton.

“Dalam kegiatan non fisik berupa penyuluhan bidang mental ideologi, bidang kesadaran bela negara, bidang kesadaran berbangsa dan bernegara, bidang Kamtibmas, bidang kesejahteraan masyarakat dan kegiatan khusus dengan berbagai materi yang telah dipersiapkan, sehingga dapat terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat, ” terangnya.

Sementara Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyambut baik kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 ini.

“Selaku pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0702/Purbalingga yang selama ini bersinergi membantu pemerintah dalam TMMD Sengkuyung, ” katanya.

Bupati berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Outputnya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat khususnya dan Purbalingga pada umumnya,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol, selaku Dansatgas TMMD mengatakan, jika TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2022 ini merupakan operasi bhakti TNI yang akan dibantu oleh berbagai pihak khususnya masyarakat.

“Operasi Bhakti TNI ini, akan dibantu oleh unsur Polri, Pemda, Instansi lainnya maupun masayarakat desa setempat,” terangnya.

Menurutnya kegiatan TMMD ini merupakan salah satu upaya mewujudkan pembangunan berskala nasional.

Tujuannya untuk mewujudkan kestabilan, kemajuan dan kesejahteraan di wilayah pedesaan.

“Upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat wilayah pedesaan khususnya Desa Brakas dengan pembangunan baik sasaran fisik pembangunan jalan baru dan makadam sepanjang 1.304 meter maupun non fisik dengan penyuluhan diberbagai bidang,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, turut diserahkan juga dana bantuan untuk pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk dua penerima manfaat yang merupakan program sasaran tambahan pada pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 ini, yakni bantuan semen dan paket beras.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini