BLORA(TERASMEDIA.ID)-Setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, Desa Kamolan Kecamatan Blora, kini kembali menggelar pawai karnaval keliling desa, Sabtu (20/08/2022).

Pawai karnaval berlangsung meriah dengan menampilkan sejumlah atraksi dan kesenian daerah.

Rute karnaval digelar berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, yakni start dari lapangan Dukuh Dumpul Desa Kamalon dan finish kembali ke lapangan semula.

Kepala Desa Kamolan, Majianto mengatakan, kegiatan karnaval budaya ini digelar untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mempererat silaturahmi antar warga.

“Kegiatan karnaval semacam ini tiap tahun kami gelar dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Tahun ini bisa dikatakan lebih meriah lagi karena dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19,” kata Majianto.

Kegiatan karnaval diikuti seluruh Pedukuhan di Desa Kamolan Kecamatan Blora. Selain itu, sejumlah sekolah juga turut memeriahkan karnaval ini.

“Seluruh dukuh ikut berpartisipasi dan di Desa Kamolan ada enam dukuh, semua tumplek bleg ikut memeriahkan karnaval ini, termasuk sejumlah sekolahan minta ikut tampil,” ujar Mujianto.

Sejumlah pedukuhan maupun sekolahan menampilkan berbagai pertunjukan kesenian masing-masing, sehingga karnaval ini berlangsung meriah.

“Karnaval ini dimeriahkan oleh tarian Bleker Wengker dari pelajar SMK Muhammadiyah 1 Blora, marching band dari pelajar Bina Insan serta kesenian tradisional barongan,”ucapnya.

Mujianto mengucapkan terima kasih kepada semua warga Desa Kamolan yang ikut sengkuyung meramaikan karnaval ini.

“Semoga tahun depan bisa kembali digelar lebih meriah lagi dengan berbagai tampilan dan aktraksi,” pungkasnya.(MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini