BLORA(TERASMEDIA.ID)-Penutupan bulan suro dalam kalender jawa tahun 2022 di Kelurahan Tambahrejo Kecamatan Blora, dimeriahkan dengan pentas kesenian barongan, Selasa(30/08/2022) malam.

Kegiatan di pusatkan di pertigaan RT 04 RW 01. Kepala Kelurahan Tambahrejo, Marthin Ukie Andhana, mengatakan kegiatan penutupan bulan suro ini rutin dilakukan warga setiap tahun.

Untuk tahun ini, sebanyak 5 barongan secara langsung ditampilkan.

“Seluruh barongan untuk malam ini kami tampilkan. Ini untuk menghibur warga yang kangen dengan kesenian barongan karena dua tahun sebelumnya tidak kami gelar karena pandemi Covid-19,” kata Marthin Ukie Andhana.

Sebelum tampil menghibur warga, kelima barongan ini diarak keliling kampung. Ratusan warga pun tampak antusias mengikuti kegiatan arak-arakan ini.

“Memang sengaja kami arak terlebih dahulu keliling kampung. Ini agar seluruh masyarakat bisa menyaksikan. Setelah itu baru kami pentaskan beberapa jam di pertigaan ini,” ujar Ukie.

Menurut Ukie, kesenian barongan Wiro Singo Anom warga Tambahrejo ini sebelumnya juga ditampilkan untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Selain itu, kesenian barongan ini juga rutin ditampilkan pada malam kegiatan sedekah bumi desa.

“Sebelum di acara malam ini, kesenian ini juga telah menghibur warga. Baik saat menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan kegiatan sedekah bumi. Cuma kali ini, bedanya ada lima,barongan yang kami tampilkan. Karena kami baru saja dapat tambahan dua barongan milik Polres Blora,” terangnya.

Ukie mengaku, ke depan pihaknya akan terus memfasilitasi kesenian barongan ini untuk latihan, agar ke depan bisa lebih bagus dan kompak lagi saat tampil di suatu acara.(MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini