CILACAP(TERASMEDIA.ID)– Sebanyak 10 komunitas pelukis se-Jawa Tengah mengikuti acara lomba melukis di Taman Sari Lapas Batu Nusakambangan, Sabtu(06/08/2022).

Dengan latar belakang gedung tua eks Kantor Pemimpin Bagian Kepenjaraan, semua pelukis menuangkan kanvasnya ke media yang telah dipersiapkanya.

Kalapas Kelas 1 Batu Nusakambangan, I Putu Murdiana menjelaskan, bahwa Nusakambangan sangat kaya akan keberagaman hayati dan memiliki sejarah yang tinggi tentang perjalanan sejarah bangsa.

“Nusakambangan juga telah ada dari jaman kerajaan Mataram kuno dan sampai saat ini masih difungsikan sebagai tempat pembinaan narapidana khususnya yang memiliki resiko tinggi,” paparnya.

Menurut Putu, peninggalan sejarah juga masih banyak, namun sangat disayangkan karena banyak yang sudah rusak dan hilang nilai sejarahnya.

Untuk itu, Putu meminta perhatian dari pemerintah daerah atau pun pemerintah pusat agar peninggalan bersejarah ini dapat dilestarikan sehingga tetap menjadi kekayaan bangsa.

“Selain di Taman Sari Lapas Batu, kegiatan melukis juga dilakukan di Pantai Permisan Nusakambangan,”ujar Putu.

Putu berharap, para pelukis dapat mengajarkan ilmunya kepada warga binaan pemasyarakatan agar mereka memiliki kemampuan serta keterampilan setelah selesai menjalani pidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I ini.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini