Petugas PLN Sumberlawang sedang memperbaiki jaringan listrik.(FOTO:TM/ SL)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Listrik di Kabupaten Sragen khususnya wilayah Kalijambe, Miri dan sekitarnya akhir-akhir ini sering padam. Terkait dengan padamnya listrik tersebut di sejumlah wilayah di Sragen dan Boyolali pada Minggu (11/09/2022) malam, Manager PLN Sumberlawang, Muhdam Azhar, menjelaskan bahwa telah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan 20 KV arah Gondangrejo Karanganyar menuju Karanggede Boyolali yang disebabkan oleh hewan yang menempel di jaringan.

Adapun hewan yang menjadi penyebab padamnya listrik tersebut adalah kelelawar dan landak. Hewan-hewan tersebut menempel di isolator yang mengakibatkan alat tersebut rusak.

Diketahui bahwa jalur listrik dari arah Gondangrejo melewati Kalijambe, Miri hingga Wonosamudro Boyolali tak sedikit yang melalui hutan. Dimana pepohonan menjadi habitat para hewan. Saat kondisi hujan disertai angin, jaringan PLN rentan menjadi korban pohon ambruk atau patah. Dan saat cuaca seperti ini, hewan pun tak kalah mengira tiang listrik adalah habitatnya.

Muhdam Azhar, menyampaikan bahwa di tengah larutnya malam petugas PLN tetap sedia bekerja melakukan perbaikan jaringan. Petugas PLN standby 24 jam 7 hari dan siap dihubungi kapan saja.

Dalam upaya perbaikan jaringan tersebut, semua regu petugas yang ada di wilayah kerja PLN Sumberlawang khususnya area barat dan utara diterjunkan.

“Setidaknya butuh waktu hingga lebih dari satu jam untuk proses penormalan mengingat kondisi cuaca yang kurang mendukung sehingga petugas harus berhati-hati demi keselamatan,”kata Muhdam Azhar, Senin(12/09/2022).

Perlu disampaikan bahwa, saat ini pelayanan PLN dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile dimana aplikasi tersebut selain untuk memudahkan proses pasang baru atau tambah daya juga berfungsi untuk pelaporan gangguan atau padam.

“Sistemnya seperti ojek online, berjalan secara real-time dan terdapat update kondisi,”ujar Muhdam.

Jadi masyarakat tidak perlu lagi khawatir jika terjadi padam di rumah karena akses untuk menghubungi petugas PLN semakin mudah.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini