MAGELANG(TERASMEDIA.ID)-Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Akademi TNI Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, secara resmi membuka kegiatan Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna(Piktar) ke-26 tahun 2022 di Stadion Sapta Marga Akademi Militer(Akmil), Magelang, Senin (12/08/2022).

Sebanyak 408 Taruna Akademi TNI, mulai dari Akmil, AAL, AAU, serta Akademi Kepolisian, mengikuti Piktar ke-26 tahun 2022 ini, selama lima hari ke depan.

Dalam sambutannya, Danjen Akademi TNI yang di bacakan oleh Wadanjen menyampaikan, kegiatan Integratif Kemitraan Akademi TNI salah satunya adalah Piktar yang dilaksanakan dua tahun sekali.

Seyogyanya Piktar terakhir dilaksanakan pada tahun 2021, karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia yang mempengaruhi rencana kegiatan Piktar yang telah disusun dalam Kalender Kegiatan Integratif Kemitraan Akademi TNI.

“Oleh karenanya, patut kita syukuri bersama, Piktar dapat digelar kembali pada tahun ini di Akademi Militer,”kata Wadanjen Akademi TNI Laksda TNI Erwin S. Aldedharma.

Menurut Wadanjen, kegiatan Piktar merupakan wadah bagi para Taruna untuk menjalin hubungan yang baik satu dengan lainnya dan  membangun komunikasi yang intensif antar Taruna, serta memupuk jiwa juang yang tangguh melalui pertandingan olahraga baik militer maupun umum dengan menjunjung tinggi sportifitas, sehingga terwujud integrasi yang solid dari Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian.

Hal ini selaras dengan tema yang diusung pada Piktar ke-26 tahun 2022 ini yaitu, “Kejuangan Tangguh, Integrasi Solid” .

Melalui tema ini, diharapkan akan dapat tumbuh semangat kebersamaan, persaudaraan dan kekeluargaan, serta jiwa korsa (esprit de corps) yang tinggi antar Taruna  Akademi TNI dan Akademi Kepolisian, yang nantinya tentu akan berguna sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas ke depan.

Piktar ke-26 tahun 2022 ini, dilaksanakan mulai tanggal 12 – 15 September 2022 diikuti oleh 408 Taruna sebagai atlit dan supporter, serta mempertandingkan tujuh cabang olahraga yaitu, menembak pistol dan senapan, atletik, renang, bola voli, bulu tangkis, serta tenis lapangan.

Seluruh atlet dari Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian terintegrasi dalam bentuk kontingen, yaitu kontingen Macan, Hiu, Elang dan Kijang.

Selain menggelar pertandingan olahraga Taruna akan ditampilkan pentas seni dan budaya dari masing-masing Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian yakni pada malam akrab di akhir pertandingan sebagai ajang aktualisasi jiwa seni para taruna, dengan demikian akan menambah kehangatan integrasi taruna dalam kegiatan Piktar.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini