DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Pemerintah Kabupaten Demak menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan APBD Tahun 2022 Triwulan III, di Gedung Grhadika Bina Praja, Selasa (11/10/2022).

Rapat evaluasi tersebut dilaksanakan setiap triwulan untuk mengetahui sejauh mana kinerja Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dan serapan anggaran.

Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi atas penyelenggaraan rakor, sebagai bentuk evaluasi kinerja sekaligus forum diskusi untuk menemukan titik temu permasalahan yang menjadi hambatan dalam penyerapan anggaran.

Hal ini tentu menjadi catatan penting, sebagai bahan dan acuan dalam menyusun rencana aksi pada triwulan mendatang.

”Melalui kegiatan ini, semoga bisa menjadi ruang untuk menguatkan komitmen dan sinergitas, sekaligus menyusun langkah strategis dalam optimalisasi penyerapan anggaran di Kabupaten Demak,”kata Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah.

Bupati Demak mendorong para Kepala OPD untuk terus meningkatkan kinerja, dalam upaya mengoptimalkan pendapatan maupun serapan belanja daerah.

Upaya yang bisa dilakukan, lanjut Bupati, antara lain identifikasi dan pengukuran target kinerja, menjaga konsistensi pengembangan inovasi pendapatan berdasarkan pemetaan risiko pencapaian target pendapatan, serta mencermati standar satuan harga dan analisa standar biaya untuk menekan inefisiensi anggaran, baik belanja barang jasa maupun belanja modal.

”Dalam bidang serapan anggaran, realisasi anggaran tahun 2022 triwulan III sebesar 53,80 persen. Adapun realisasi pendapatan dan PAD tahun 2022 triwulan III masing-masing sebesar 72,17 persen dan 80,56 persen. Hal ini perlu menjadi catatan dan perhatian bersama, mengingat periode pelaksanaan APBD TA 2022 sudah mendekati akhir tahun,”paparnya.

Bupati meminta, agar segera merealisasikan perencanaan yang tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dengan prinsip 5T yakni, Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Administrasi, Tepat Sasaran, dan Tepat manfaat.

Pelaksanaan Rakor Evaluasi Kegiatan APBD TA 2022 Triwulan III ini, dipandu oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si., didampingi oleh Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Demak, serta diikuti oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. (VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini