BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Sebanyak 87 peserta tes calon Panwaslu Kecamatan Bawaslu Banyumas tidak hadir, dan terlambat dalam pelaksanaan seleksi di SMKN 2 Purwokerto, Sabtu(15/10/ 2022).

Sementara 702 peserta mengikuti tes seleksi tertulis menggunakan sistem online berbasis socrative.

Dalam tes calon Panwaslu Kecamatan di Banyumas, sebanyak 702 peserta menggunakan fasilitas delapan ruangan komputer SMKN 2 Purwokerto, dan tes dibagi menjadi empat sesi karena banyaknya peserta.

Sebelumnya, jumlah pendaftar di tahap awal mencapai 1.028 orang. Setelah dilakuan penelitian dan verifikasi berkas administrasi, menyisakan 789 pelamar yang lolos.

Dari hasil tes tersebut, Bawaslu akan mengumumkan enam orang pendaftar yang lolos di masing-masing kecamatan pada tanggal 17 Oktober 2022 melalui website Bawaslu Banyumas.

Nama-nama yang lolos, rencananya akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 20-21 Oktober 2022. Kemudian tiga pendaftar ditetapkan sebagai Panwaslu Kecamatan Pemilu 2024 terpilih.

Sejumlah peserta tes mengaku soal-soal seleksi kali ini cukup sulit.

“Banyak yang harus dibaca dengan teliti. Banyak jebakan antara soal dan pilihan jawaban. Saya jadi tahu untuk menjadi seorang Panwaslu Kecamatan tidak semudah yang saya bayangkan setelah ikut tes kali ini,” kata salah seorang pendaftar Ludy Hartanto.

Ludy Hartanto, mengaku dirinya siap menerima hasil apapun karena sudah berusaha semaksimal mungkin mengerjakan soal-soal tes seleksi.

“Yang penting sudah belajar, sudah ikut tes, dan tinggal menunggu hasil, apakah masuk enam besar atau tidak,” kata pria yang pernah menjadi pengawas kecamatan pada Pemilu 2019 ini.

Secara garis besar, pelaksanaan tes calon Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Banyumas berlangsung lancar dan aman.

Baik dari dukungan jaringan internet, dan listrik di SMKN 2 Purwokerto. Selain itu tes juga diawasi seluruh jajaran Bawaslu Banyumas, dan dibantu pengaws IT di tiap ruangan dari SMKN 2 Purwokerto.

“Kami dari Bawaslu Banyumas sangat berterima kasih atas dukungan jajaran SMKN 2 Purwokerto, sehingga pelaksanaan tes berjalan lancar,” ujar Ketua Pokja Seleksi, Asep Hanry Habibulloh. (WR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini