Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, saat memberikan sambutan.(FOTO:TM/ Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 Kabupaten Kendal digelar di Obyek Wisata Curugsewu, Kecamatan Patean Kendal, Jumat (28/10/2022).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini, mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Selaku Inspektur Upacara, Komandan Kodim(Dandim) 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, yang diikuti oleh ratusan peserta dari unsur TNI/Polri, jajaran Forkopimda dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Setda Pemkab Kendal, ASN, siswa-siswi SMP dan SMA.

Dalam sambutannya, Dandim 0715/ Kendal, mengatakan, peran pemuda dalam memelopori dan membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928, diikuti dengan rangkaian pergerakan yang telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,”kata Dandim 0715/ Kendal.

Menurut Dandim 0715/ Kendal, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada semua bagaimana bisa mensikapi perbedaan primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan RI,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisara Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, upacara Hari Sumpah Pemuda dan Jambore Kepemudaan Kendal dilaksanakan di Objek Wisata Curugsewu, hal ini dilakukan dalam rangka untuk mempromosikan pariwisata yang di Kendal.

“Acara Jambore Kepemudaan Kendal, diikuti oleh 80 peserta dari unsur pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan yang ada di Kendal selama dua hari, dilaksanakan di Objek Wisata Curugsewu,”katanya.

Upacara Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 dan Jambore Kepemudaan Kendal ini, selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memajukan pariwisata di Jawa Tengah, khususnya Kendal.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini