BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Rabu pagi tanggal 02 November 2022, nampak para sesepuh kejawen pria dan wanita berpakaian serba hitam menghadiri acara ruwatan cucu dari sesepuh Muharto(65) warga Dukuh Grumbul Kalitanjung, Desa Tambak Negara, Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas.

Muharto ini, juga Ketua Paguyuban Kesepuhan Kalitanjung yang merupakan sesepuh yang ada di desanya.

Menurut dalang ruwat Ki Cithut Purba Carita, bahwa ruwatan adalah bentuk upacara budaya atau ritual penyucian yang hingga saat ini masih dipertahankan oleh masyarakat jawa pada umumnya, dan secara khusus oleh para penganut ajaran kejawen di Dukuh Grumbul Kalitanjung, Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo.

Pagelaran wayang mengambil cerita “Purwakala Purwa” artinya permulaan dan kala berarti bencana.

Ki Cithut mengatakan, lakon Purwakala yang dibawakan kali ini adalah mengisahkan awal kelahiran dewa raksasa yang bernama Bathara Kala.

“Ruwatan biasanya dilakukan dengan cara menyajikan pagelaran wayang di siang hari dan dalang yang mementaskan haruslah dalang khusus ruwatan,” kata Ki Cithut.

David Okta Nugraha, aktivis budaya muda Rawalo, yang ikut hadir dalam acara ruwatan ini mengatakan, bahwa acara adat kejawen yang diruwat antara lain adalah, anak tunggal laki laki (ogal agil), anak tunggal perempuan (ontang anting), dua anak laki laki (uger lawang),dua anak perempuan (kembang sepasang), anak laki- laki yang diapit kakak adiknya perempun (pancuran keapit sendang), anak perempuan diapit kakak dan adiknya laki- laki (sendang keapit pancuran).

Ruwatan ini dilakukan,
dengan tujuan agar dalam perjalanan hidup yang diruwat diberikan keselamatan.

Ada yang menarik acara ruwatan dengan pagelaran wayang kulit di Kalitanjung Desa Tambaknegara ini, yakni sindennya harus seorang laki- laki.

Menurut David Okta Nugraha, konon kabarnya sejarah ruwatan ini dimulai sejak Kanjeng Sunan Kalijaga melakukan penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

“Saya berharap, Budaya Jawa ini sangatlah mempunyai nilai yang sangat luhur, sehingga tugas kaum muda adalah untuk tetap mempertahankannya,” harapnya.(WR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini