BLORA(TERASMEDIA.ID)– Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk daerah penghasil tembakau mulai disalurkan di Kabupaten Blora, Selasa (22/11/2022).

Di Blora, penyaluran perdana BLT untuk para petani dan buruh tani tembakau ini dimulai dari Desa Genjahan, Kecamatan Jiken.

Penyaluran melalui Bank Jateng ini dipantau langsung oleh Bupati Arief Rohman, bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati dan Forkopimda di Balaidesa Genjahan.
Bupati Blora, Arief Rohman, menyampaikan pesan kepada para penerima BLT agar bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk kegiatan yang produktif.

“Semoga BLT DBHCHT dari pemerintahan pusat ini bermanfaat untuk para petani dan buruh tani tembakau, serta buruh pabrik rokok. Dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi dan kenaikan harga BBM. Kita pastikan tidak ada potongan. Utuh Rp1, 2 juta per keluarga, kita pantau langsung bersama Forkopimda,”katanya.

Kepala Dinas Sosial PPPA Blora, Indah Purwaningsih, menyampaikan bahwa BLT DBHCHT ini disalurkan khusus untuk para petani dan buruh tani tanaman tembakau yang ada di Kabupaten Blora, termasuk para buruh pabrik rokok.

“Di Blora, setelah kami lakukan pencocokan data dari Dinas Pertanian dengan data Kemiskinan, telah tervalidasi sebanyak 4.405 penerima. Terdiri dari 4.345 petani dan buruh tani tembakau, dan 60 buruh pabrik rokok. Semuanya tersebar di 57 Desa, 12 Kecamatan se Kabupaten Blora,” ucap Indah.

Menurut Indah, untuk besaran BLT DBHCHT per bulan satu keluarga mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu, selama empat bulan berturut-turut. Yang dicairkan rangkap satu kali, sehingga total menerima Rp 1, 2 juta per keluarga.
Sementara itu, Saminten, salah satu buruh tani tembakau warga Dukuh Klampok, Desa Genjahan, Kecamatan Jiken, merasa senang menerima bantuan BLT DBHCHT ini.

“Senang pak, karena kami ini buruh tani tembakau. Nanti uangnya akan saya belikan beras. Maturnuwun Pak Bupati sudah hadir menyerahkan bantuan untuk kami,” ujarnya.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini