KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang berhalangan hadir, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan(DPP) Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogojati meninjau pembangunan embung di Desa Kalibareng Kecamatan Patean, Selasa (22/11/2022).

Selain meninjau untuk memastikan pembangunan embung tersebut, Pandu Rapriat Rogojati, juga bersilaturahim dengan Subari(61) warga yang menghibahkan lahan sawahnya untuk dibangunnya embung itu.

“Pembangunan embung di Desa Kalibareng Patean, saat ini baru mencapai 40 persen, hal ini karena terkendala kondisi hujan yang mana mengakibatkan tanah yang sudah dikeruk kembali longsor,” kata Pandu.

Pandu berharap, pembangunan embung ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat selesai tepat waktu, yaitu di akhir Desember 2022, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat petani di Desa Kalibareng.

Sementara itu, Subari(61) menyambut baik kedatangan Pandu beserta rombongan.

Subari mengatakan, bahwa lahan yang digunakan untuk dibangun embung air luasnya sekitar 1. 800 meter.

Ia menghibahkan sawahnya untuk pembangunan embung ini, demi kelancaran panen para petani, mengingat pada musim kemarau banyak petani gagal panen akibat kekurangan air.

Awalnya, lanjut Subari, ia melihat kebutuhan air pada musim kemarau khusus di sawah miliknya, masih kelebihan air. Sedangkan sawah milik semua petani kekurangan air.

Melihat kondisi seperti itu, akhirnya ia berinisiatif menyampaikan kepada pemerintah.

“Jika ada program pembangunan embung, saya akan menghibahkan sawah milik saya untuk bisa dibuat embung, agar petani tidak lagi kekurangan air,” kata Subari.

Subari mengatakan, rupanya inisiatifnya ditindaklanjut dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan pelaksanaannya didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kendal beserta jajaranya.

“Harapan saya, dengan adanya embung air dapat mengaliri sawah petani di setiap musim dan para petani bisa menghasilkan panen yang maksimal dan tentu meningkatkan pula perekonomian masyarakat sekitar,” harapnya.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini