BOYOLALI(TERASMEDIA.ID)– Sebanyak 23 dalang cilik dari berbagai daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, menampilkan kebolehannya dalam Festival Dalang Bocah yang di selenggarakan oleh Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Minggu (06/11/2022).

Festival dalang bocah digelar untuk memperingati Hari Wayang Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 November. Festival dilaksanakan selama dua hari, Sabtu- Minggu November 2022.

Acara diawali dengan kirab 35 wayang berukuran besar yang di bawa oleh siswa sanggar SKWL, dan pertunjukan wayang singkat oleh dalang cilik Kondang Kalimasada.

Ki Gondo Wartoyo panitia sekaligus pemilik sanggar SKWL mengatakan, untuk festival ini dikuti oleh 23 peserta dan setiap peserta diberi waktu 35 menit untuk pentas.

“Peserta ada 23. Ada yang dari Pacitan Jawa Timur, Madiun, Blora, Kaliwungu, dan juga eks Karesidenan Surakarta serta Yogyakarta,” katanya.

Wartoyo menjelaskan, Festival Dalang Bocah 2022 yang pertama kali digelar oleh Sanggar SKWL Nusantara Boyolali tersebut ditujukan untuk mengenalkan sejak dini seni wayang kulit kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

“Kami berharap, dengan digelarnya festival dalang bocah ini, seni budaya wayang semakin dicintai dan tetap di hati masyarakat, semakin berkembang dan jaya,” ucapnya.

Sementara salah satu peserta Dhanur Probo Kusumo, asal Wonogiri mengatakan, dirinya sangat senang dengan mengikuti festival dalang bocah ini.
Ia mengaku, tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti lomba.

“Persiapan hanya satu hari dan tidak ada persiapan khusus, saya sudah tiga kali mengikuti lomba, dua kali mendapat juara,” ujarnya. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini