CILACAP(TERASMEDIA.ID)-Pulau Nusakambangan sebagai kawasan khusus Pemasyarakatan yang dalam fungsinya sebagai tempat pembinaan narapidana yang memiliki risiko tinggi tentunya banyak hal yang harus menjadi perhatian terutama dalam bidang pengamanan dan pengawasan baik orang maupun barang-barang.

Keberadaan narapidana teroris, narapidana hukuman mati yang jumlahnya ratusan orang menjadi suatu alasan mengapa Pulau ini menjadi ikon penjara di dunia.

Dalam era digital saat ini, pengawasan dan pengamanan orang di Pulau Nusakambangan yang sebelumnya menggunakan teknik manual saat ini sudah beralih menggunakan teknologi informasi.

Hal tersebut dikatakan Kalapas Batu Nusakambangan, I Putu Murdiana, Selasa(15/11/2022).

I Putu Murdiana yang juga selaku Koordinator Wilayah Pemasyarakatan Nusakambangan-Cilacap mengatakan, pengawasan dan pengamanan di Nusakambangan merupakan hal yang pokok dan mendasar yang wajib harus dilaksanakan oleh setiap petugas.

“Karena pentingnya pengawasan ini, maka sudah saatnya pengawasan menggunakan teknologi informasi sangat dibutuhkan karena keberadaan orang di Nusakambangan semakin hari semakin meningkat, tentunya dengan berbagai macam kegiatan,” papar I Putu Murdiana, saat sosialisasi “Aplikasi Pengawasan Orang” di Nusakambangan dengan menggunakan aplikasi APONK.

Dijelaskan, aplikasi ini sangat memudahkan dalam hal pendataan dan pengawasan orang terutama yang akan masuk dari Pelabuhan Wijayapura menuju pulau Nusakambangan dan aktifitas yang dilakukan. Apakah dia pegawai yang melaksanakan tugas, pengunjung/tamu maupun masyarakat yang berada disekitaran UPT di Nusakambangan.

Sejalan dengan hal tersebut, Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Yusfahrudin, menguatkan bahwa pengawasan ini menjadi harga mati.
Dimana, tidak boleh ada kecolongan dengan adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di Nusakambangan.

Yusfahrudin berharap, pengawasan dengan teknologi informasi ini dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan di Nusakambangan dapat berjalan secara optimal.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini