BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Paguyuban Keluarga Besar Brimob bersama Batalyon D Satbrimob Polda Jateng Purwokerto menggelar seminar kepahlawanan di Kompi Pelopor Batalyon D Satbrimob Polda Jateng Purwokerto, Senin (28/11/2022).

Seminar dengan tema “Kepahlawanan dan Kepemimpinan Kompol II RM Bambang Soeprapto Dipikoesoemo” ini, menghadirkan Keynote Speaker Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Purn) Arif Wachyunadi.

Komjen (Purn) Arif Wachyunadi, mengatakan perjuangan Bambang Suprapto dimulai dari Kota Semarang hingga ke Purwokerto dan Kota Cilacap.

Peristiwa perjuangan ini hampir sama dengan di Kota Surabaya, dimana Brimob dengan kegigihannya mengganti atribut Hinomaru dengan bendera merah putih yang dikibarkan dengan penuh perjuangan.

“Di sini pula sejarah penggantian nama Tokobetsu Keisatsutai menjadi Pasukan Polisi Istimewa,”kata Komjen(Purn) Arif Wachyunadi.

Menurut Komjen(Purn) Arif, narasumber pada seminar ini adalah Ketua Paguyuban Keluarga Besar Brimob (PKBB), Sejarawan Banyumas Prof Dr Sugeng Priyadi, M. Hum dan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia dengan di Moderatori oleh Drs Bambang Widodo M.Par.

Pada seminar ini dibahas Kiprah Komisaris Bambang Suprapto yang bernama lengkap Kompol II RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo, perjuangan Brimob di kota Semarang yang berlangsung antara awal September hingga Oktober 1945 atau pertempuran 5 hari di Semarang tanggal 15-19 Oktober 1945.

Perjuangan gigih tersebut dilakukan oleh Brimob Semarang dibawah kepemimpinan tokoh Brimob Kompol Bambang Soeprapto Dipokoesoemo.

Sementara sejarawan Banyumas Prof Sugeng Priyadi mengatakan bahwa perjuangan Komisaris Bambang Soeprapto tidak hanya di Jawa Tengah seperti Semarang dan Banyumas saja. Melainkan juga di Jatim, DIY dan Jawa Barat.

“Komisaris Bambang Soeprapto merupakan generasi pertama Brimob yang gugur dalam usia 29 tahun dalam perjuangan melawan pemberontakan DI/TII di bawah Amir Fatah di Desa Pengarasan, Kecamatan Bantarkawung, Brebes pada April 1949,”jelasnya.

Usai kegiatan Komandan Kompi Pelopor Batalyon D Satbrimob Polda Jateng Purwokerto, Kompol Asfaroni, mengatakan bahwa Komisaris Bambang Suprapto merupakan tokoh dan menjadi komandan Kompi di Semarang dan pernah bertugas di Purwokerto yang menjadi cikal bakal Satuan Brimob.

“Kemudian, ada oembentukan di Banyumas, menjadi Komandan Kompi Mobil Brigade Karesidenan Banyumas. Perjuangannya luar biasa, kita sangat bangga, maka kita ikut mendorong agar beliau mendapat penghargaan pahlawan,” jelasnya.

Bagi warga Banyumas, Komisaris Bambang Soeprapto tidak terlalu asing, karena merupakan salah sartu jalan protokol di Kota Purwokerto yang biasa disebut Kombas.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini