Bupati Kendal Dico M Ganinduto(Tengah) saat melihat produk- produk UMKM.(FOTO:TM/ Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Dengan didampingi Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol Ahmad Lutfi, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Universitas Indonesia(UI) Prof. Doktor Ir. Dedi Priadi, DEA., melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal.
Kehadiran mereka, diterima Bupati Kendal Dico M Ganinduto, di Pendopo Bahurekso Setda Kendal, Kamis(26/01/2023).

Hadir pula pada acara ini, Direktur Kawasan Industri Kendal(KIK) Didik Purbandi. Sebelum melakukan penandatanganan kerjasama, para tamu ini menyaksikan video selayang pandang Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan, bahwa merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Kendal karena didatangi tamu dari Universitas Indonesia(UI) yakni Wakil Rektor UI Prof. Doktor Ir. Dedi Priadi, DEA, sehingga menjadikan penyemangat bagi dirinya untuk terus memberikan kontribusi bagi kemajuan Kabupaten Kendal yang lebih baik lagi.

“Kami fokus kepada empat pilar pembangunan, yakni, pilar industri, pariwisata, UMKM dan pilar generasi 4.0,”kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Bupati berharap, dengan empat pilar tersebut, pembangunan di Kabupaten Kedepan bisa benar- benar memberikan dampak yang signifikan terhadap pengembangan pembangunan Kabupaten Kendal yang tentu juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kendal.

“Saya berharap, jika nanti bisa kolaborasi dengan Universitas Indonesia, Kabupaten Kendal yang telah memiliki Kawasan Industri Kendal(KIK) bisa memberikan multiplier effect bagi masyarakat Kendal. Dan saya juga berharap, kepada masyarakat Kendal untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara maksimal,”harap Dico.

Menurut Dico, tentunya dengan keberadaan KIK ini, dampaknya sangat besar sekali terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal. Maka dari itu, dengan pilar pariwisata ini, bisa menjadikan penunjang kawasan Industri yang ada di Kabupaten Kendal.

Sedangkan dengan adanya pilar UMKM, lanjut Dico, bisa meningkatkan kualitas dan menjadi pendorong ekonomi bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal. Terlebih selama ini, segala upaya terus dilakukan agar produk- produk UMKM bisa menembus pasar ke luar negeri.

“Kami berharap, pihak UI juga bisa bekerjasama dalam peningkatan kualitas UMKM, dan memberikan saran kepada kami, bagaimana para pelaku UMKM ini bisa bersinergi dengan pariwisata dan industri, sehingga mereka bisa dilibatkan dalam proses pembangunan yang ada Kabupaten Kendal,”harap Dico.

Sementara untuk pilar keempat, yakni generasi 4.0, Dico berharap agar pengembangan sumberdaya manusia yang ada di Kabupaten Kendal bisa mendapat dukungan dari UI juga.

“Kami juga meminta, UI bisa memberikan perhatian yang khusus agar sumber daya manusia di Kabupaten Kendal bisa berinovasi, sehingga ke depan bisa benar- benar lebih baik, dan tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri namun harus menjadi pelaku utama dalam pengembangan industri dan pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal,”pintanya.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia(SDM) dan Aset Universitas Indonesia(UI) Prof. Doktor Ir. Dedi Priadi, DEA., dalam sambutannya mengatakan, selama ini UI hanya menghasilkan lulusan saja, namun sekarang, dituntut untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan di berbagai daerah.

“Untuk mencapai cita-cita tersebut, kami harus melakukan kerja sama dengan pemerintah provinsi dan juga daerah, tak lain untuk memberikan sumbangsih dalam pembangunan di suatu daerah,” kata Prof. Doktor Ir. Dedi Priadi, DEA.

Prof Dedi Priadi berharap, kehadiran Senat Akademik UI di Kabupaten Kendal ini, pada dasarnya adalah untuk penguatan kerja sama, yang realisasinya akan dilaksanakan oleh eksekutif Universitas.

“Kehadiran Senat Akademik Universitas Indonesia untuk menjaring sumber daya manusia dan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Kendal, yang dimungkinkan untuk dikerjasamakan. Sehingga bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini