BLORA(TERASMEDIA.ID)-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Blora pada Selasa 29 November 2022 malam, mengakibatkan sebuah jembatan penghubung antar kecamatan di Desa Prantaan Kecamatan Bogorejo ambrol.

Sementara empat rumah yang berada tak jauh dari jembatan tersebut terancam longsor.

Kepala Desa Prantaan, Nyono menuturkan jembatan putus akibat tak kuat menahan debit air yang cukup deras.

“Hujan deras berlangsung kurang lebih tiga jam. Akhirnya jembatan tua ini ambrol tidak kuat menahan debit air yang kencang,” kata Nyono, Rabu (30/11/2022).

Akibat ambrolnya jembatan ini, aktivitas warga menjadi terganggu. Sejumlah kendaraan roda dua yang akan melintas diarahkan melewati jembatan darurat yang dibuat warga  sekitar.

” Ini jembatan penghubung antar kecamatan dan desa. Kalau lurus ke selatan tembus Desa Tempel Lemahbang Kecamatan Jepon. Untuk sementara jalan alternatif sepeda motor bisa lewat jembatan kecil yang dibuat warga, untuk mobil tidak bisa,” ujar Nyono.

Menurut Nyono, jembatan yang ambrol sepanjang 12 meter dengan kedalaman 8 meter. Selain memutus jembatan sejumlah rumah warga juga terancam longsor.

“Kalau ada hujan lebat lagi saya khawatir longsor semakin meluas hingga ke rumah-rumah warga. Ini saja sudah ada empat rumah yang terancam,” ucapnya.

Sementara itu Camat Bogorejo, Mulyowati mengatakan hujan deras yang terjadi pada Selasa kemarin membuat sejumlah desa terendam banjir. Sejumlah jembatan juga ambrol dan rusak.

“Memang dampaknya sangat luar biasa kemarin mas. Jembatan putus, rumah warga juga terendam. Kemarin foto video langsung kami kirimkan ke Pak Bupati agar segera dilakukan tindakan,”kata Mulyowati saat meninjau langsung lokasi jembatan tersebut.

Mulyowati berharap penanganan jembatan ambrol ini menjadi prioritas mengingat menjadi akses utama bagi warga.

“Sementara ini kami lakukan darurat terlebih dahulu dan tidak bisa dilewati oleh warga. Kami berharap semoga nanti dijadikan prioritas untuk perbaikan jembatan yang putus ini,” paparnya.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini