CILACAP(TERASMEDIA.ID)-Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer(STMIK) Komputama Cilacap, menggelar seminar tentang keamanan cyber, di aula kampus setempat, Sabtu (01/10/2022).

Panitia menghadirkan narasumber dari Ketua Indonesia Cyber Security Forum, yakni Adi Suteja.

Sementara peserta merupakan anak sekolah, mahasiswa STMIK dan juga dari kampus lain yang ada di Cilacap.

STMIK Komputama memilih seminar ini dengan adanya trend peretasan oleh hacker yang sempat ramai menjadi pembicaraan publik. Apalagi setelah adanya kebocoran data masyarakat oleh Bjorka yang menggegerkan publik sepanjang September 2022.

Dosen Prodi TI STMIK Komputama, Nana Kusnana, mengatakan, cyber security menjadi salah satu konsen kampus berbasis IT di Cilacap.

Pihak kampus terutama Program Studi TI berhasrat kuat agar mahasiswa mampu memahami secara mendalam tentang sistim keamanan cyber. Hal ini bahkan menjadi sebuah ending goal prodi tersebut yakni engineering cyber security.

Ketua Indonesia Cyber Security Forum, Adi Suteja, menjelaskan berbagai hal terkait cyber security saat seminar.

“Ini sejalan dengan program forum yang ingin terus mensosialisasikan dan ikut membangun keamanan cyber di tanah air,”kata Adi Suteja.

Adi mengaku, sangat tertarik untuk datang atas undangan panitia seminar. Apalagi setelah melihat potensi kampus, terutama dari sisi mahasiswa.

Para mahasiswa dari Cilacap ini mempunyai potensi dan talenta untuk masuk ke industri keamanan cyber.

“Dan keberadaan kampus ini di Cilacap juga sangat penting karena sudah bergerak di bidang TI dan keamanan cyber,”ujar Adi.

Menurut Adi, keamanan cyber bisa menjadi isu kapanpun karena pada dasarnya, sistim keamana cyber di tanah air masih sangat lemah. Hingga trend peretasan web atau data pribadi tiap tahun mengalami peningkatan.

“September lalu, juga muncul pencurian data dari web pemerintah. Namun tidak mungkin di masa mendatang web swasta juga akan diretas. Demikian juga dengan data pribadi dari para pejabat, politisi sampai selebriti,”papar Adi. (BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini