KENDAL(TERASMEDIA.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal menggelar peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021, di Gedung Serbaguna Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Sabtu (30/10/2021).

Acara dihadiri Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal, Agus Umar dan sejumlah pengurus lainnya, Jajaran Pejabat Struktural, warga binaan Lapas Terbuka Kendal, dan tokoh masyarakat serta warga Desa Bangunsari Patebon Kendal.

Acara diisi dengan penyerahan hadiah kepada para jurnalis pemenang Lomba Karya Jurnalistik dan penanaman bibit jagung oleh Wakil Bupati Kendal.

Para pemenang lomba karya jurnalistik, Budi Setiyawan dari Radar Semarang sebagai juara pertama, kemudian juara kedua Anik Kustiani dari Radio Thomson Network dan Zamroni dari media online Times Indonesia.

Adapun dewan juri terdiri dari, Kakanwil Kemenkum HAM Jawa Tengah, Kalapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Tokoh Masyarkat/Akademisi, Pengurus PWI Jawa Tengah dan Wartawan Kendal.

Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Rusdedy mengatakan, lomba karya jurnalistik ini sebagai bentuk kerjasama yang baik selama ini antara Lapas Terbuka Kendal dengan awak media.

“Ini bentuk kerjasama kami, lapas terbuka dengan teman-teman media. Semoga ke depannya kerjasama ini terus terjalin dengan baik,” katanya.

Rusdedy juga menyampaikan, Lapas Terbuka yang dipimpinnya adalah lembaga pembinaan bagi narapidana yang menjalani proses asimilasi.

“Warga binaan yang ada di sini, berasal dari lapas-lapas yang ada di wilayah pantura. Sedangkan warga binaan yang ada di Lapas wilayah selatan, dikirim ke Lapas Terbuka Nusakambangan,” ujarnya.

Rusdedy menyebut, saat ini ada 27 warga binaan yang ada di Lapas Terbuka Kendal. Mereka diberikan pembinaan kemandirian dengan memberi berbagai ilmu untuk bekal saat kembali ke masyarakat nanti.

“Lapas terbuka Kendal ini sejak tahun 2017 mengalami perubahan menjadi Lapas pembinaan kemandirian para warga binaan yang akan kembali membaur ke masyarakat,” terang Rusdedy.

Russedy juga mengucapkan terimakasih kepada para jurnalis di Kabupaten Kendal dan sekitarnya, yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan memperimgati Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021 ini.

“Terima kasih kepada teman-teman media yang sudah berpartisipasi dalam acara ini. Semoga kerjasama kita terus terjalin dengan baik, karena tanpa dukungan dari teman-teman, maka informasi Lapas Terbuka Kendal ini tidak bisa tersampaikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021 ini. Dengan Hari Dharma Karya Dhika ini, bisa dijadikan momentum pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

“Makna yang paling penting bagaimana bekerja dengan tulus, tanpa pamrih, dedikasi, semangat bekerja, dan berkarya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Pakde Bas sapaan akrabnya.

Pakde Bas juga mengatakan, akan mendorong Dinas Pertanian dan Pangan juga Dinas Kelautan dan Perikanan, agar terus melakukan kerjasama dengan Lapas Terbuka Kendal, sesuai dengan bidangnya.

“Kebetulan kedua dinas tersebut berada di bawah pengawasan dan pembinaan saya. Tentunya mereka akan saya dorong agar melakukan pendampingan dalam hal pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan dengan Lapas Terbuka ini,” ujar Pakde Bas.

Sedangkan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal, Agus Umar mengapresisasi apa yang dilakukan Lapas Terbuka Kendal, dalam menjalin kerjasama dengan para jurnalis di Kabupaten Kendal.

“Jujur selama kami bertugas di Kendal, baru Lapas Terbuka Kendal ini yang mau bekerjasama dengan awak media untuk membuat even atau kegiatan. Saya juga mengapresiasi inovasi dan terobosan Lapas Terbuka Kendal yang sudah membuat beberapa aktivitas untuk warga binaannya,” katanya.

“Semoga apa yang dilakukan, bisa menjadi bekal warga binaan dan bisa bermanfaat bagi warga sekitar Lapas Terbuka,” ujar Umar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit jagung oleh Wakil Bupati Kendal didampingi Kepala Lapas Terbuka dan Ketua PWI Kabupaten Kendal. (Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini