Sejumlah anggota Polres Kebumen sedang membersihkan sampah.(FOTO:TM/Pra)

KEBUMEN(TERASMEDIA.ID)– Untuk memeriahkan HUT Polisi Perairan dan Udara(Polairud) ke-71, yang jatuh pada 1 Desember 2021 mendatang, Polres Kebumen menggelar kegiatan bersih-bersih di Pantai Logending Kecamatan Ayah, Jumat (12/11/2021).

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman, mengatakan, kegiatan yang dimotori oleh Sat Polairud Polres Kebumen ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada kebersihan lingkungan pantai.

Kegiatan yang dilakukan Sat Polairud bersama dengan Polsek Ayah, Koramil Ayah, Kecamatan Ayah, Tagana, dan HNSI, sangat berdampak pada lingkungan Pantai Logending.

Sampah-sampah yang semula berserakan, hanya hitungan menit menjadi bersih dan terlihat lebih nyaman.

“Kegiatan ini menurut kami sangat bagus. Karena sampah-sampah bisa dibersihkan dan tidak terlihat lumuh dan jorok,” jelas Iptu Tugiman.

Menurut Iptu Tugiman, Kebumen memiliki banyak pantai yang indah. Namun banyak pula masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan pantai, dengan membuang sampah sembarangan.

“Hal ini tentu sangat merugikan bersama, apalagi saat dilakukan bersih-bersih pantai, sebagian besar yang ditemukan adalah sampah plastik yang tidak bisa diurai,”ujar Iptu Tugiman.

Iptu Tugiman mengaku, The National Plastic Action Partnership (NPAP) mencatatkan ada sekitar 4,8 juta ton per tahun sampah plastik di Indonesia, (9%) diantaranya tercatat mencemari saluran air dan laut.

Untuk itu, Iptu Tugiman meminta, kepada masyarakat khususnya yang ada di sekitar Kecamatan Ayah, untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih sampah plastik yang tidak mudah terurai. (Pra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini