BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Hujan deras yang mengguyur Banyumas dan sekitarnya pada Rabu malam 09 Februari, mengakibatkan hulu Sungai Serayu dan Klawing meluap.

“Atas instruksi dari Kepala Balai Pusda Taru Serayu Citanduy, sejak pagi dini hari petugas Bendung Gerak Serayu, sudah siaga sejak pukul 03.00 dengan mempersiapkan membuka ke delapan pintu radial bendung,”kata Kepala UPT Bendung Sugeng, Kamis(10/02/2022).

Menurut Sugeng, perhitungan banjir akan masuk wilayah Bendung Gerak Serayu maksimal antara jam 04.00 sampai dengan pukul 05.00.

Sugeng mengaku, ia mengambil tindakan dengan membuka kedelapan pintu radial bendung secara maksimal, karena debit air sangat besar mencapai 1.600 m3 per detik.

Sementara itu, pengamat sungai dan lingkungan yang juga Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu, Eddy Wahono, mengatakan, sejak pukul 05.00 dirinya sudah berkoordinasi dengan UPT Bendung Gerak Serayu, mengingat peningkatan elevasi di Pos Pantau Banyumas sudah mencapai kenaikan signifikan hingga 17.59 meter dari permukaan laut.

“Naik sebesar tiga meter dari permukaan air, dan rata- rata normal. Dan dampak yang terpantau adalah banjir setinggi tiga meter menggenangi dermaga wisata Desa Papringan Banyumas,”kata Eddy Wahono.

Eddy Wahono mengaku, banjir dari tahun ketahun cenderung mengalami kenaikan yang disebabkan karena rusaknya daerah resapan air di bagian Hulu Serayu dan Sungai Klawing.

“Kesadaran masyarakat yang kurang memperhatikan dalam melakukan alih fungsi lahan. Membuang sampah di sungai serta menggunakan sempadan untuk didirikan bangunan. Kondisi dermaga wisata Desa Tambak Negara Rawalo juga sangat menghawatirkan, karena arus sangat deras dan terjadi turbulensi air di dermaga yang sangat membahayakan perahu wisata yang berlabuh di dermaga,”papar Eddy Wahono.

Eddy Wahono berharap, untuk dibuatkan shelter pengamanan aset perahu milik masyarakat dari pengaruh arus deras. Sementara itu, dari pantauan tim yang ada, Kamis 10 Februari pada pukul 13.00, kondisi telah kembali berangsur normal dengan limpas bendung sebesar 861,37 m3/detik.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini