BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)– Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah(Dinakerkop UKM) Kabupaten Banyumas menggelar pelatihan Digitalisasi Marketing di Hall D’Garden Resto Purwokerto, Kamis(31/08/2023).

Pelatihan ini dilakukan, untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Banyumas dalam memasarkan produknya.

Hadir pada acara ini, Bupati Banyumas Ir Achmad Husein sekaligus menjadi salah satu narasumber bebarengan dengan pemilik akun instagram @infopurwokerto Irfan Bachtiar.

Bupati mengatakan, pihaknya mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan teknologi seperti media sosial sebagai alat pemasaran produk, karena kekuatan sosial media lebih bagus dari pemasaran manual yang saat ini masih berjalan.

“Perbaiki kemasan dan branding. Kalau branding sudah baik dan pembeli merasakan kelebihan produk yang kita miliki, sudah pasti pembeli akan menjadi pelanggan setia,” kata bupati.

Bupati juga menginformasikan bahwasannya pemerintah daerah saat ini memiliki wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara langsung (offline) bekerjasama dengan Dekranasda Banyumas.

“Untuk produk UMKM yang ingin produknya dipajang pada Galeri Dekranasda sangat bisa. Pemerintah memfasilitasi hal tersebut. Saya berharap, kegiatan ini nantinya tidak hanya sebatas pelatihan saja, namun ada pemantauan serta pelaporan dari para pelaku UMKM,”harap bupati.

Menurut bupati, pelatihan seperti ini akan dilakukan lima kali lagi dan merata pada setiap daerah. Bupati berharap, peserta juga bisa memberikan masukan langsung kepada dirinya, sehingga pelatihan seperti ini akan semakin optimal.

Kepala Dinakerkop UKM Wahyu Dewanto menuturkan, tujuan diadakannya pelatihan digital marketing ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran bermedia sosial. Hal ini tentunya sebagai upaya mendukung pemasaran digital untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

“Adapun peserta yang mengikuti pelatihan digital marketing sebanyak 100 orang dengan berbagai usia,”kata Wahyu Dewanto.(Dul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini