Kepala Desa Bojonggede Kecamatan Ngampel, Didik Heriawan, sedang menyerahkan proposal bantuan kepada Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)- Bupati Kendal Dico M Ganinduto melaunching “Program Keuangan Pemerintah Desa Berbasis Dusun” di Balai Desa Karangtengah, Kecamatan Kaliwungu, Senin(07/06/2021).

Hadir dalam kegiatan launching ini antara lain, Forkopimda, Sekda Kendal Moh Toha, tim penggerak PKK Kabupaten Kendal, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), ketua Basnaz, Camat se Kabupaten Kendal, perwakilan kepala desa/ lurah, unsur tokoh masyarakat, dan perwakilan ahli waris penerima bantuan.

Sekda Kendal, Moh Toha dalam sambutanya, mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Kendal, kepada penduduk farkir miskin yang meninggal dunia, sekaligus bagi ungkapan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Besaran bantuan yang diberikan sejumlah Rp1 juta, yang diterimakan kepada perwakilan ahli waris.

“Bantuan akan diberikan kepada ahli waris secara langsung atau melalui jasa pengiriman serta menggunakan aplikasi e-sakti,”kata Sekda Moh Toha.

Menurut Sekda, program bantuan keuangan khusus kepada pemerintah desa, berbasis dusun di Kabupaten Kendal ini, tak lain untuk menjalankan pemerataan dan pembangunan desa, serta mempercepat terwujudnya desa yang kuat, maju, mandiri, dan sejahtera.

Maka kebijakan yang ditempuh adalah pemberian bantuan keuangan kepada pemerintah desa dengan strategi bottom up. Dimana prosesnya, dilaksanakan di lingkup yangg lebih rendah, yaitu menjadikan dusun sebagai basis pelaksanaan, dan perencanaan dengan melibatkan masyarakat setempat.

“Sebagai langkah persiapan pada tahun 2021, akan dilaksanakan pilot project pada 19 desa/ dusun pada 19 kecamatan dengan masing- masing desa akan diberikan bantuan keuangan untuk satu kegiatan, pada satu dusun,”ujar Sekda.

Dikatakan, penggunaan bantuan keuangan khusus(BKK) meliputi bidang pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Pengalokasian besaran BKK, setiap dusun diberikan paling sedikit Rp 100 juta, dan paling banyak Rp 300 juta.

Peserta Kegiatan

Pada kegiatan launching ini, lanjut Sekda, juga diadakan pameran produk UMKM, vaksinasi bagi lansia, dan penyerahan kursi roda, dan bantuan gerobag dari Baznas.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengatakan, sesuai dengan visi dan misi saat dirinya mencalonkan sebagai Bupati Kendal, bantuan ini ia berikan untuk meningkatkan pelayanan publik bagi warga desa guna mempercepat terwujudnya desa yang kuat, maju, mandiri dan sejahtera.

“Tujuan pemberian bantuan keuangan khusus kepada pemerintah desa berbasis dusun, antara lain adalah, pemerataan dan percepatan, pembangunan desa melalui dusun, meningkatkan peran serta dan kesadaran masyarakat, atau lembaga kemasyarakatan desa, yang mendukung proses pembangunan desa,”kata Dico.

Selain itu, menurut Dico, bantuan ini diberikan untuk meningkatkan pemahaman kapasitas masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan perekonomian desa dan penanggulangan kemiskinan.

Program dan kegiatan yang dapat dibiayai dari bantuan keuangan khusus kepada pemerintah desa berbasis dusun, terdiri dari bidang pembangunan, program insfrastruktur, bidang pemberdayaan masyarakat, atau program pembangunan sumber daya manusia.

Bantuan keuangan khusus pemerintah desa berbasis dusun, direncanakan dan dianggarkan sesuai dengan permohonan atau proposal dari pemerintah desa, dan diberikan dengan sesuai kemampuan keuangan daerah melalui musyawarah desa, dan kepala desa menyampaikan proposal kepada bupati melalui camat, sesuai skala prioritas.

“Ini sangat penting sekali karena dihadiri oleh semua camat yang ada di Kabupaten Kendal. Dan ini perlu saya sampaikan bahwa program yang kami launching adalah merupakan janji politik kami bupati dan wakil bupati. Dan kami telah berkeliling, di 286 desa, selama mas kampanye. Dan ini adalah, menjadi janji kami, dan bukan sekedar launching programnya, namun program ini datangnya benar- benar dari masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan harus objektif, itu yang sangat terpenting,”papar Dico.

Dico meminta, program ini benar- benar bisa dirasakan manfaatnya, dan benar- benar menjadikan suatu perubahan, agar pembengunan di Kabupaten Kendal ini bisa menjadi pembangunnan yang merata, berkeadilan dan kedepan banyak desa- desa yang mandiri.

Salah satu Kepala Desa Bojong Bojonggede Kecamatan Ngampel Didik Heriawan, mengaku berterima kasih kepada Bupati Kendal Dico M Ganinduto, karena pihaknya telah menepati janjinya saat mencalonkan dirinya menjadi bupati pada Desember 2020 silam, yaitu memberikan bantuan perdusun 100- 300 juta.

“Akirnya bantuan perdusun terealisasi pada tanggal 7 Juni tahun 2021 ini, dan sekaligus penyerahan secara simbolis proposal dari desa,”kata Didik.

Didik juga mengaku bangga, karena desanya ditunjuk sebagai pilot project beserta lima desa/ dusun lain. Menurut Didik, jika bantuan ini sudah cair, pihaknya akan memfokuskan kepada pengembangan SDM masyarakat yang ada di desanya. (Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini