Bupati Sukoharjo, Etik Suryani sedang memberikan secara simbolis bantuan kepada salah seorang anak yatim piatu di lobby kantor Bupati Sukoharjo.(FOTO:TM/HN)

SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)-Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Sukoharjo bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan untuk anak yatim piatu karena kedua orang tuanya meninggal terpapar Covid-19.

Selasa hari ini (24/8/2021), ada dua anak yatim piatu yang menerima bantuan yaitu, Angga Raka Kia Saputra, warga Desa Palur, Kecamatan Mojolaban dan Ageng Nugroho, warga Ngadirejo, Kartasura.

Bantuan diberikan langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani,di lobby kantor Bupati Sukoharjo.

Menurut Bupati, total anak yatim piatu yang akan mendapatkan bantuan secara bertahap ada sebanyak 31 orang. Bantuan berupa uang pendidikan dan biaya hidup sebesar Rp5 juta dan juga bantuan paket sembako.

“Dari pendataan yang dilakukan di 12 kecamatan, ada 31 anak yatim piatu mulai siswa SD hingga SMA. Nantinya semua akan menerima bantuan yang realisasinya secara bertahap,” jelas Bupati,Selasa(24/08/2021).

Dikatakan, untuk mempercepat bantuan, Pemkab bekerjasama dengan Baznas yang bisa mengeluarkan bantuan dalam jangka waktu pendek. Jika dari Pemkab sendiri dibutuhkan waktu karena melalui proses penganggaran.

Selain itu, Bupati juga mengatakan, jika 31 anak yatim piatu tersebut akan diusulkan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dengan masuk DTKS, lanjut Bupati, anak yatim piatu tersebut bisa mendapatkan Kartu Indonesia Pintar(KIP) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS). Namun, untuk bisa masuk DTKS daerah hanya bisa mengusulkan karena sepenuhnya jadi kewenangan pemerintah pusat.

Jika sudah masuk DTKS, nantinya anak yatim piatu tersebut bisa mengakses setiap bantuan, baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Selain itu, Bupati juga menyatakan, anak yatim piatu yang nantinya lulus SD bisa masuk SMP negeri dan juga yang lulus SMP bisa masuk ke SMA negeri.

“Saya harap pengajuan 31 anak yatim piatu untuk masuk DTKS bisa disetujui pemerintah pusat. Dengan harapan, dalam jangka panjang 31 anak yatim piatu tersebut dapat mandiri dan tidak tergantung pada orang lain,” ucap Bupati.

Turut hadir dalam pemberian bantuan tersebut, Wakil Bupati Agus Santosa, Sekda Widodo dan pejabat lainnya. (HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini