Direktur Jenderal(Dirjen) Cipta Karya, Kementerian PUPR Republik Indonesia, Ir. Diana Kusumastuti, M.T., bersama rombongan, berbincang dengan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di epan pintu masuk pasar.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Direktur Jenderal(Dirjen) Cipta Karya, Kementerian PUPR Republik Indonesia, Ir. Diana Kusumastuti, M.T., bersama rombongan, melakukan kunjungan ke Pasar Pagi Kaliwungu, Sabtu(28/08/2021) sore.

Kedatangan mereka, disambut oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Kendal Ir. Sugiono dan Plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Alfebian Yolando.

Tak lebih sepuluh menit berbincang di depan pintu masuk pasar, mereka kemudian mengecek kondisi pasar yang difungsikan sekitar tujuh bulan lalu ini.

Di sela- sela acara ini, Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR Republik Indonesia, Ir. Diana Kusumastuti, mengatakan, dengan adanya pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu ini,pihaknya berharap kepada para pedagang untuk bisa bersama- sama memelihara masalah kebersihan.

“Kalau kami lihat, gedung ini sudah bagus. Sudah ada persyaratan gedung hijaunya, dan bahkan sudah madya levelnya. Kalau levelnya sudah madya, tentunya kenyamanan, operasional maupun pemeliharaannya(maintenance) harusnya lebih murah dari bangunan biasa,”kata Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR Republik Indonesia, Ir. Diana Kusumastuti.

Diana meminta, kepada Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Dinas PUPR Kendal, dan Dinas Perdagangan Kendal, bisa tetap menjaga dan mempertahankan kebersihannya. Mungkin mengajak para pedagang untuk bergiliran membersihkan lingkungan kios masing- masing agar pasar ini terlihat bersih setiap hari.

“Kalau bersih, tentunya yang belanja merasa nyaman. Dan pasar ini bisa menjadi percontohan bagi pasar- pasar lain. Kita sekaligus bersama- sama untuk memelihara, agar pasar ini tetap bersih,”ujar Diana.

Menurut Diana, Pasar Pagi Kaliwungu ini memiliki sirkulasi yang sangat baik, namun harus diseragamkan lagi desainnya, dan kebersihannya terutama di lokasi los pedagang basah.

“Saya harap, pasar ini harus dikelola dengan baik,”ucapnya.

Pedagang Harus Saling Menjaga

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pihaknya mengakui dan melihat sendiri di tempat yang basah, masih kotor. Kedepan, pihaknya akan lebih memperhatikan lagi,terkait kebersihan pasar ini.

“Para pedagang harus saling menjaga agar pasar ini tetap terlihat bersih. Supaya pembeli merasa nyaman saat mereka berbelanja. Minimal setiap pedagang harus bertanggung jawab di lingkungan kiosnya masing- masing,”kata Dico.

Menurut Dico, meski Pasar Pagi Kaliwungu ini sudah terlihat bersih, kedepan juga harus tetap dibersihkan lagi terutama di tempat yang agak basah, sehingga tidak terlihat kotor.

Sementara itu, disinggung terkait masalah Pasar Weleri, Dico meminta pihak pengembang untuk bisa mempercepat pembangunannya agar segera bisa ditempati.

Dico mengaku, bahwa pembangunan Pasar Weleri sudah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Perdagangan, dan diharapkan akan dibangun tahun depan apabila pandemi Covid-19 sudah mereda.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal, Alfebian Yolando, mengatakan, Pasar Pagi Kaliwungu ini menjadi percontohan model pasar tradisional dengan konsep desain modern di tingkat nasional.

“Pasar Pagi Kaliwungu ini memiliki kemanfaatan yang besar, terutama dari desainnya yang mengutamakan kebersihan, sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung,”katanya.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini