Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subaya, S. Sos., berdiri menyaksikan tim medis memvaksin salah seorang ABK.(FOTO:TM/HRN)

CILACAP(TERASMEDIA.ID)– Pangkalan TNI-AL (Lanal) Cilacap menggelar acara vaksinasi bagi nelayan di Tempat Pelelangan Ikan(TPI) Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (TPI PPSC), Jalan Teluk Penyu No. 02, Cilacap, Minggu (22/08/2021).

Kegiatan vaksinasi dosis satu ini, menyasar kepada nelayan yang baru pulang melaut atau yang baru bersandar di dermaga.

Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subaya, S. Sos., yang memimpin langsung kegiatan vaksinasi mengatakan, selain menyasar kepada nelayan, vaksinasi ini juga diperuntukan bagi Anak Buah Kapal (ABK) ikan.

“Kita tahu bahwa ABK kapal ikan setiap hari melaksanakan aktivitas melaut. Jadi tidak sempat untuk melakukan vaksin di darat. Oleh karena itu, kami dari Lanal Cilacap langsung menjemput bola ke kapal- kapal yang baru bersandar,”kata Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subaya, S. Sos.

Menurut Danlanal, kegiatan vaksin ini, merujuk perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono SE., M.M, bahwa seluruh jajaran TNI-AL untuk terus berperan aktif dalam melaksanakan tugas serbuan vaksinasi kepada masyarakat Maritim guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing, untuk menuju Indonesia sehat bebas Covid-19.

“Kami berhasil memvaksin baik ABK dan nelayan sebanyak 30 orang,”ujar Danlanal.

Sementara itu, salah satu ABK KM Sempati, Mulyo Waluyo(45)
mengucapkan banyak terima kasih kepada Lanal Cilacap yang telah mengupayakan vaksinasi terhadap nelayan yang sampai berbulan bulan tidak sempat melakukan vaksin di darat.

“Hari ini melalui Lanal Cilacap kami bisa vaksin,” ucapnya.

Dalam kegiatan vaksinasi ini, Lanal Cilacap menurunkan tim Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Balai Kesehatan (BK) dengan dibantu Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Cilacap.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini