Dengan menaiki mobil bak terbuka,Tim Fortasi sedang melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan Kecamatan Karanglewas.(FOTO:TM/HRN)

PURWOKERTO(TERASMEDIA.ID)-Forum Relawan Lintas Organisasi(Fortasi) melakukan penyemprotan disinfektan massal di Desa Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas, Purwokerto,Minggu(22/08/2021).

Penyemprotan disinfektan ini, dimulai dari Balai Desa Pasir Wetan pada pukul 08.00 WIB- 13.00 WIB. Penyemprotan disinfektan ini, diikuti sedikitnya 30 orang yang terdiri dari anggota Serayu Rescue, MDMC, Satria Reptil Banyumas, Mahasiswa KKN Unsoed, UNU KKN Purwokerto, Linmas , Banser, Relawan ODGJ Banyumas, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Perangkat Desa Pasir Wetan.

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan ini, dibagi tiga tim, yang dimulai dari Balai Desa Pasir Wetan, Grumbul Karangduren, Grumbul Pekuncen, Grumbul Suka Damai, Grumbul Karanganyar dan Grumbul Sokawera.

Tujuan dilaksanakannya penyemprotan di daerah Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas ini, karena wilayah Desa Karanglewas masuk Zona Merah.

“Hal ini ditandai dengan kenaikan angka positif Covid-19 di Kecamatan Karanglewas pada awal bulan Agustus 2021 lalu mencapai 26 orang terkonfirmasi positif, dan mengalami penurunan pada hari ini, tercatat terkonfirmasi positif sebanyak 16 orang,”kata koordinator Fortasi Sudjadmiko yang didampingi Pembina Fortasi, Eddy Wahono.

Oleh karena itu, Fortasi mengadakan kegiatan penyemprotan massal ke tempat-tempat umum yang sering dijadikan tempat berkerumunnya banyak orang.

“Kami selalu siap dalam kegiatan kemanusiaan khususnya dalam penanggulangan wabah Covid-19. Untuk penyemprotan massal juga telah kami laksanakan di desa-desa yang di Kecamatan Rawalo dan Sumpiuh pada Minggu lalu,”ujar Sudjadmiko.

Menurut Djadmiko, peran dinas khususnya BPBD Kabupaten Banyumas dan PMI, TNI serta POLRI sangat dirasakan totalitas dalam mendukung kegiatan Fortasi.

Kegiatan tim relawan khusus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Karangsari Kecamatan Karanglewas pada 18 Agustus 2021 lalu, juga telah membawa seorang warga yang terkena gangguan jiwa ke Rumah Sakit Umum Banyumas untuk dirawat, karena meresahkan warga.

Kepala Desa Pasir Wetan Hj.Indriyani, mengucapkan terimakasih khususnya kepada Fortasi, yang selalu menjadi pelopor kegiatan kemanusiaan di wilayah Banyumas.

“Peran lintas dinas dan masyarakat yang menyatu ini, diharapkan dapat mengurangi merebaknya wabah Covid-19 di wilayah Kecamatan Karanglewas, khususnya Desa Pasir Wetan,”kata Hj. Indriyani.

Selain itu, lanjut Hj. Indriyani, peran lintas dinas ini diharapkan juga dapat memberikan pengertian secara langsung kepada masyarakat untuk melaksanakan prokes, sehingga penurunan angka positif Covid-19 dapat tercapai.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini