CILACAP(TERASMEDIA.ID)- Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap (Basarnas) menggelar Pelatihan Potensi SAR di Kabupaten Cilacap yang melibatkan 50 peserta dari Potensi SAR, Selasa(21/09/2021).

Tema pada pelatihan ini adalah “Dengan Pelatihan Teknik Pertolongan di Ketinggian bagi Potensi SAR, Kita Tingkatkan Koordinasi dan Kerjasama antar Potensi SAR” di Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap serta Kualifikasi Personil dalam mendukung pelaksanaan operasi SAR dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pembukaan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa 21 September 2021 pukul 09.00 Wib bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji selaku Inspektur upacara pembukaan dalam pelatihan ini sekaligus membuka pelatihan mengatakan, melalui pelatihan ini di harapkan dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan SAR.

Sehingga, semakin menambah wawasan dan pengetahuan serta ketrampilan peserta dalam bidang SAR khususnya pertolongan di ketinggian bagi potensi pencarian dan pertolongan

“Dengan bekal pengetahuan tersebut, diharapkan akan dapat meningkatkan upaya pertolongan di ketinggian dan dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan,” kata Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji.

Untuk itu, lanjut Bupati Cilacap, dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan Kantor SAR Cilacap harus terus mengoptimalkan sumber daya manusia potensi untuk mendukung penyelenggaraan operasi SAR dan di harapkan dapat mengurangi kecenderungan masyarakat untuk terlalu bergantung kepada pemerintah dalam menghadapi kecelakaan, musibah maupun bencana.

Dikatakan, bahwa sesuai amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan potensi SAR ke semua kalangan di seluruh penjuru tanah air.

“Kami menyadari dengan terbatasnya SDM yang kami miliki, keterlibatan potensi SAR sangat membantu dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan menjadi penting, karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri.

“Jadi upaya ini menjadi bagian dari membangun karakter bangsa dan pencegahan di bidang SAR (SAR Preventive),” ujar bupati yang didampingi Direktur Bina Potensi Basarnas Pusat Drs. Mochamad Hernanto, M.M dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap I Nyoman Sidakarya, S.H.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan potensi SAR di perwakilan daerah wilayah kerja Basarnas Cilacap memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan teknik evakuasi diketinggian.

Tamu undangan terdiri dari Komandan Lanal Cilacap, Komandan Kodim Cilacap, Polres Cilacap, Bpbd Cilacap, Bpbd Brebes, PMI Cilacap, Lanal Cilacap, Camat Cilacap Selatan, Cilacap Rescue, SAR MTA, SAR Lawet Kebumen, dan Rapi Cilacap.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini