Tim relawan sedang membersihkan sampah di lokasi bendungan.(FOTO:TM/HRN)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Dalam rangka World Clean up Day, Forum Relawan Lintas Organisasi (FORTASI) melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai Banjaran di wilayah Desa Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat,Minggu(19/09/2021).
Aacara ini, dihadiri oleh Camat Purwokerto Barat, Babinsa, Babinkantibmas, Lurah Kedungwuluh, dan para Ketua RW/RT serta masyarakat sekitar Kec.Purwokerto Barat.

Pembersihan Sungai Banjaran dimulai dari Jembatan Barat Kodim 0701 Banyumas, pada pukul 08.00 WIB- 12.00 WIB. Pada kegiatan ini, Fortasi bersama relawan dan masyarakat sekitar Sungai Banjaran melaksanakan bersih sungai, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Oleh karna itu, Fortasi menggadakan kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah yang dapat mencemari air Sungai Banjaran serta penumpukan sampah yang dikawatirkan menjadi pemicu adanya banjir.

“Lokasi pembersihan merupakan muara pertemuan Sungai Jurig dengan Sungai Banjaran,”kata koordinator acara,Saprol.

Saprol menjelaskan, animo relawan dan masyarakat dalam pelaksanaan bersih-bersih sungai sangat luar biasa karena terbukti dari jumlah peserta hampir mencapai 100 orang yang terjun ke sungai melakukan pengangkatan sampah.

Sementara itu, penasehat Fortasi, Eddy Wahono mengatakan, memasuki musim penghujan dibutuhkan kewaspadaan masyarakat dalam hal mengecek saluran air dari sumbatan sampah dan mencegah masyarakat untuk kebiasaan membuang sampah di sungai.

Selain kwalitas air akan menjadi tercemar karena pembusukan sampah maka penumpukan sampah dapat menyebabkan banjir karena aliran sungai menjadi terhambat.

“Dibutuhkan kesadaran dan pembinaan terus menerus kepada masyarakat tentang pentingnya arti sungai dalam kehidupan,”kata Edy Wahono.

Untuk itu, Edy Wahono berharap, kesadaran masyarakat dalam melestarikan dan menjaga sungai tetap bersih dan lestari.

“Tim yang melakukan bersih- bersih sungai ini, terdiri dari gabungan relawan Serayu Rescue,Relawan Odgj Banyumas, MDMC, Gerpik, MTA, Satria Reptil Banyumas, Menggandeng PU SDA, PMI, Rapi cilongok, Banyumas,Wnm pecinta alam, Ansor Banser Kedung Wuluh, dan Pemdes Kedung Wuluh,”ujar Edy Wahono.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini