Tiga dari empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Fakultas Teknik dan Sains sedang merakit robot.(FOTO:TM/HRN)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Empat orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Fakultas Teknik dan Sains, yakni Dio Yudha Saputra, Sigit Dwi Prayogo, Adinda Putri Apriliana, dan Muhammad Dhiya’Ul Haq S, dari Prodi Teknik Elektro, berhasil menciptakan robot unik, canggih dan keren.

Robot ini mampu melewati rintangan, mematikan api dan bisa menyelamatkan korban yang berada dekat dengan api.

“Robot ini kami namai Robot SAR 2021, yang merupakan cabang dari Kontes Robot Indonesia (KRI). Diawali dengan adanya beberapa juara yang didapatkan oleh tim robotik UMP dalam kategori lomba Robot Line Tracer tingkat provinsi maupun nasional,” kata ketua tim Dio Yudha Saputra, Selasa (28/09/2021).

Dio menjelaskan, Robot ini bisa berjalan menyusuri dan melewati setiap ruangan yang telah diberikan banyak rintangan.

Mulai dari ruangan untuk mendeteksi titik api yang akan dipadamkan menggunakan sprayer air serta mencari korban untuk diselamatkan dengan cara membawa korban dan mencari ruang safety zone untuk meletakan korban.

“Tim robotik UMP memutuskan menciptakan robot pemadam api/SAR untuk pertamakalinya dengan nama robot MJD (Mumtaz Jiddan) yang dibuat dan sekaligus diikutsertakan dalam Kontes Robot Indonesia pada cabang Robot SAR 2021 ini,” papar Dio.

Dio mengatakan, proses pengerjaan kurang lebih selama tiga bulan di buat oleh Tim Robotik UMP dengan dibantu dan dibimbing oleh dosen Fakultas Teknik UMP.

“Kelebihan utama robot ini bergerak secara otomatis , dari segi bentuk, robot ini mirip seperti laba- laba dan merupakan robot berkaki (bukan robot beroda) yang bergerak dengan cara melangkah sehingga dapat lebih menyesuaikan diri menghadapi rintangan.

Dari segi fungsi robot ini dapat mendeteksi dan memadamkan api, serta mencari dan menyelamatkan korban.

Sementara itu Kaprodi Teknik Elektro UMP Itmi Hidayat Kurniawan ST MEng mengatakan,
kegiatan Robotika di UMP merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan
bakat mahasiswa di bidang Robotika melalui wadah Robotic Study Club.

“Dengan adanya kegiatan robotika ini diharapkan bisa memotivasi mahasiswa untuk dapat menerapkan teknologi robotika dalam dunia nyata,” pungkasnya.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini