SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-PLN memberikan bantuan lima kendaraan listrik kepada Pemkab Sragen, Kamis (16/12/21).

Selain kepada Pemkab Sragen, PLN juga memberikan kendaraan ramah lingkungan ini kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyambut positif bantuan CSR berupa motor listrik untuk UMKM ini.

Namun bupati meminta, kepada PLN untuk menyiapkan infrastruktur pengisi daya kendaraan listrik karena saat ini masih terbatas.

Setidaknya ada lima UMKM yang ada di Kabupaten Sragen yang mendapatkan motor listrik untuk menunjang usaha dan pemasaran.

“Kabupaten Sragen mendapat jatah cukup banyak lantaran hanya 15 unit saja untuk wilayah Jateng- DIY dari Perusahaan Listrik Negara (PLN),” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Bupati juga sempat mencoba kendaraan listrik keluaran Hyundai ini dan berkeliling di seputaran rumah dinas.

Bupati mengakui, jika dirinya belum terbiasa naik motor dan motor yang dicobanya tidak terdengar suara mesinnya.

”Saya lama nggak beli mobil dinas, mungkin kedepannya akan beli mobil listrik,” candanya.

Selain itu, bupati juga mengapresiasi PLN atas dukungan pada pemulihan ekonomi.

”PLN peduli pada UMKM, membantu memulihkan ekonomi di Sragen setelah massa pandemi. Ini akan terus berkelanjutan, baik dari sektor UMKM dan sektor lainnya,” ujarnya.

Selain dorongan bantuan kendaraan listrik tersebut, bupati meminta agar ketersediaan listrik di kawasan Industri terjamin.

Mengingat dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Kawasan Sambungmacan-Gondang bakal dibuka selebar-lebarnya untuk investor.

Hal tersebut membutuhkan banyak tenaga listrik ketika sejumlah industri mulai berdiri kedepannya.

Sementara Manager PLN UP3 Surakarta, Joko Hadi Widayat menyampaikan kesiapan infrastruktur akan disiapkan untuk mendorong pengguna kendaraan listrik.

Saat ini pengisian di Kabupaten Sragen sudah tersedia di rest Area Tol dan Kantor PLN.

Pihaknya membuka skema bisnis untuk swasta terkait pengisian tenaga kendaraan listrik. Sehingga bisa menghasilkan keuntungan bersama.

”Kesiapan infrastruktur bisa mendorong untuk beralih ke kendaraan listrik. Mudah-mudahan kami segera bisa menambah di Kabupaten Sragen,” jelasnya.

Joko menyampaikan soal pasokan listrik melimpah. Termasuk siap menyediakan kebutuhan listrik di kawasan Industri Sambungmacan-Gondang. ( SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini