KLATEN(TERASMEDIA.ID)-Polres Klaten menggelar acara vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Mapolres setempat, Rabu (29/12/2021).

Kegiatan vaksinasi bertajuk “Anak Handal Polres Klaten” ini dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo SIP, Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, Ketua DPRD Kabupaten Klaten Hamenang Fajar Ismoyo, Komandan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro Letkol Marolop Edison Bala Hutapea, M.Han, dan Ketua Pengadilan Agama H. Muhammad Nuruddin.

Suasana vaksinasi bagi anak ini tampak berbeda dari gerai vaksin yang digelar Polres Klaten sebelumnya.

Kali ini, tiap anak yang ikut vaksin diberikan bingkisan berisi makanan anak-anak dan balon.

Satu panggung juga disediakan khusus untuk menghibur anak-anak yang telah divaksin. Dari atas panggung, anak-anak disuguhi aksi sulap dan pembagian 50 door prize tas punggung bagi yang bisa menjawab pertanyaan.

“Hiburan tersebut diharapkan dapat mengurangi ketakutan atau trauma pasca vaksin,” kata Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo.

Di puncak acara, hadiah utama berupa 10 sepeda dibagikan kepada anak-anak dengan cara diundi oleh jajaran Forkopimda.

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo kepada awak media mengatakan, bahwa vaksin hari ini menyasar anak berusia 6 -11 tahun dengan vaksinator gabungan antara Dinas Kesehatan Kab. Klaten, Kodim dan Polres Klaten.

Vaksin bagi anak di Kab. Klaten ini, akan terus dilaksanakan secara sinergi oleh TNI-Polri dan Pemda.

“Hari ini kami menyasar seperti yang disampaikan Ibu Bupati, yaitu anak-anak disabilitas, yang kedua anak-anak panti asuhan dan anak-anak dari personel Polres Klaten. Alhamdulillah hari ini yang terdaftar ada 318 anak,”ujar Kapolres.

Apresiasi pelaksanaan vaksinasi anak di Polres Klaten disampaikan oleh Bupati Klaten. Vaksinasi yang dikemas ramah anak ini dinilai cukup efektif untuk menumbuhkan semangat anak dan menarik anak-anak yang lain agar segera mau divaksin.

Selain pembagian hadiah, anak-anak juga disuguhkan sosok anggota Polisi dengan berbagai macam seragam yang memberikan pemahamam tentang tugas-tugas kepolisian.

“Anak-anak ini dihadirkan langsung ke Polres Klaten sehingga mereka mempunyai gambaran bahwa menjadi Polisi ini sangat luar biasa dan sangat baik. Vaksin ini juga dilakukan sangat meriah dengan beberapa hadiah ini untuk penyemangat anak-anak. Anak-anak biar happy dan vaksin kedua nanti bisa tambah semangat,”papar Kapolres Klaten.

Bupati kemudian menjelaskan bahwa target vaksin anak di Kab. Klaten berjumlah 105 ribu. Vaksin anak sudah dilakukan mulai tanggal 23 Desember 2021 oleh Pemkab yang disusul oleh Kodim dan Polres.

Bupati berharap dengan kolaborasi yang baik antara Polres, Kodim dan Pemerintah Kabupaten target vaksin anak segera tercapai.

Sementara itu salah satu anak penerima hadiah sepeda Keisha Butsaina Shofi (11) mengungkapkan rasa senangnya.

Siswi kelas 5 SDIT An Najah Jatinom tersebut tak menyangka akan mendapatkan hadiah utama dari Polres Klaten tersebut.

“Ya ga nyangka, kaget. Seneng banget bisa dapat sepeda,”ucapnya.

Hagus Tri Cahyono (11) siswa SLB BC YKGR Bayat juga tak kalah bahagia. Ia yang belum pernah mempunyai sepeda ini terlihat sangat senang. Berkali-kali sepeda barunya ini dilihat dan dipegang sambil tersenyum girang.

Giyanto, ayah Hagus yang menunggu di rumah juga ikut terharu dan menangis begitu anaknya pulang dengan membawa hadiah sepeda. Ia sangat bahagia anaknya sudah divaksin Covid-19 dan ditambah dapat sepeda.(HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini