BLORA(TERASMEDIA.ID)– Terobosan terus dilakukan Pemkab Blora untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Kali ini, masyarakat Kabupaten Blora yang mau divaksin bisa berkesempatan mendapatkan hadiah satu unit sepeda motor, hadiah sepeda gunung, atau berbagai hadiah menarik lainnya.

Masyarakat dapat datang ke gerai vaksinasi untuk divaksin dosis 1 atau dosis 2 pada periode tanggal 21 Februari 2022 sampai dengan tanggal 5 Maret 2022.

“Selain hadiah motor, juga ada hadiah 5 unit sepeda dari PT Bank Jateng. Dan rencananya hadiah tersebut akan diundi pada tanggal 9 Maret 2022,”kata Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si., saat melaunching vaksinasi tersebut di halaman Kecamatan Blora, Kamis (24/02/2022).

Menurut bupati, Pemerintah Kabupaten Blora saat ini memang terus menggenjot agar capaian vaskinasi di Blora terus meningkat.

“Kami launching vaksinasi berhadiah ini, karena kita memang ditarget oleh pemerintah untuk terus menaikan capaian vaksin. Segala daya upaya kita lakukan. Terimakasih Pak Dandim, Pak Wakapolres atas semua inovasinya, langkah-langkahnya agar capaian vaksin ini tercapai,” papar Bupati.

Bupati Blora mengatakan, PT Yamaha Motor Indonesia menyumbang satu unit sepeda motor diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat yang memang belum vaksin untuk segera vaksin.

Pada kesempatan ini, bupati juga mengapresiasi Kodim Blora dan Polres Blora yang telah mendukung percepatan vaksinasi di Blora, termasuk adanya inovasi vaksinasi door to door.

Tak hanya vaksinasi berhadiah saja, rencananya bagi masyarakat utamanya ibu-ibu/lansia yang mau divaksin juga akan diberikan bonus berupa minyak goreng.

“Kemarin saya sudah minta Pak Sekda, kami ada cadangan minyak goreng dan ini kami keluarkan, untuk memacu ibu-ibu yang khususnya lansia yang belum vaksin, akan kami kasih bonus minyak goreng juga,” ujarnya.

Bupati kemudian meminta agar Dinkes untuk segera berkoordinasi dengan Sekda terkait ketersdiaan stok minyak goreng yang akan digunakan sebagai bonus.

“Ini upaya kita, kita tidak bisa sendiri, upaya ini harus disertai dengan dukungan semua pihak, dari PKK juga tolong digerakan dengan ormas-ormas perempuan untuk menyasar di desa-desa,” pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edy Widayat, menjelaskan bahwa, kasus COVID-19 di Kabupaten Blora akhir-akhir ini mengalami kenaikan. Ia menyampaikan bahwa vaksinasi sangatlah penting untuk mengurangi resiko akibat dari COVID-19.

“Kami laporkan bahwa akhir-akhir ini angka COVID-19 yang ada di Blora naik, tertinggi kemarin hari Rabu, satu hari ada penambahan 92 kasus di Kab. Blora, sedangkan angka capaian vaksinasi perlu mendapat dorongan dari semua pihak,” terang Kadinkes Blora.

Capain vaksinasi di Blora perlu untuk terus didorong, sehingga target vaksinasi bisa tercapai dan gap antara dosis 1 dengan dosis 2 tidak terlalu jauh. Sehingga herd immunity bisa segera terwujud di Kabupaten Blora.

“Dosis pertama kami baru mencapai 87 persen, dosis kedua baru mencapai 67 persen ada gap yang tinggi antara dosis satu dan dosis dua sekitar 20 persen. Kalau dihitung sekitar 143 ribu yang sudah dosis satu tapi belum melaksanakan dosis dua,” ungkap Edy

Menurut Edy, hal ini perlu menjadi dorongan semua pihak untuk mencapai herd immunity di Kabupaten Blora, karena untuk mencegah penularan COVID-19, ada dua cara, yang pertama sempurnakan vaksinasi, sampai dosis ketiga, dan yang kedua adalah jaga protokol kesehatan.

Hadir pada acara ini, Dandim 0721/ Blora, Wakapolres Blora, Ketua TP PKK Kabupaten Blora, Kepala Dinas Keshatan Kab Blora beserta jajaran, Camat Blora dan Forkopimcam Blora.

Pada kegiatan launching vaksinasi berhadiah ini, turut disediakan pelayanan vaksin bagi masyarakat Blora baik dosis pertama dan kedua. (MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini