BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Sebanyak 39 Mahasiswa Unsoed dilepas untuk melaksanakan internship/magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Bersertifikat ke Jepang.

Mahasiswa Unsod tersebut terdiri dari 17 mahasiswa Fakultas Pertanian yang akan melaksanakan magang di beberapa perusahaan dalam bidang pertanian di Kota Nagano dan 22 mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang akan magang di beberapa perusahaan bidang perikanan di Kota Hokaido.

Para mahasiswa ini akan melaksanakan magang antara 8 hingga 12 bulan.

Mahasiswa Unsoed yang akan mengikuti magang tersebut dilepas dalam Seremonial Pelepasan Mahasiswa di Kedai 95, BSD City Tangerang Selatan, Rabu, 6 April 2022.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsoed (Dr.Kuat Puji Prayitno, S.H.,M.Hum), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed (Dr.Isdy Sulistyo, DEA), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Unsoed (Dr.Ir.Siswantoro), Kepala UPT layanan Internasional (Dr.Rer.Nat Erwin Riyanto Ardli), dan Ketua Tim Pengelola Mahasiswa magang ke Luar Negeri Unsoed (Romanus Edy Prabowo, Ph.D).

Program internship ini dapat terlaksana atas kerjasama antara Unsoed, PT Yonata Dewi Sejahtera, dan LPK Kokorono Siji.

Selain itu masing-masing fakultas juga akan menandatangani perjanjian kerja sama dengan setiap perusahaan yang menjadi tempat magang mahasiswa.

Program magang ke Jepang ini menjadi sangat istimewa karena Unsoed menjadi Universitas yang pertama melaksanakan program ini.

Selain itu, Unsoed juga telah siap dengan berbagai persyaratan dan dokumen khususnya terkait dengan MBKM sehingga setelah melalui berbagai proses baik seleksi maupun pelatihan Bahasa akhirnya 39 mahasiswa Unsoed ini diberangkatan.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H.,M.Hum menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kerja sama ini.

Dr. Kuat mengatakan bahwa kebijakan MBKM membuat mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar di luar program studi, sehingga diharapkan tidak hanya menguasai konseptual teoritis semata, melainkan juga belajar dalam konteks yang nyata yakni di masyarakat, dunia industri, dan dunia usaha.

“Unsoed berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berbagai bentuk kegiatan salah satunya adalah magang,”jelasnya.

Kepada 39 mahasiswa Unaoed yang akan berangkat Dr. Kuat berpesan agar mereka dapat mengambil banyak kesempatan untuk belajar bukan hanya substansi keilmuannya melainkan juga pada aspek softskillnya.

“Selamat belajar dalam program ini dan tunjukkanlah yang terbaik karena saudara tidak hanya mewakili diri saudara sendiri akan tetapi juga almamater serta bangsa dan negara,” jelasnya.

Lebih lanjut Wakil Rektor menyampaikan apresiasi kepada PT Yonata Dewi Sejahtera dan LPK Kokorono Siji, yang telah membantu semua proses administrasi, pendidikan bahasa Jepang, hingga proses pemberangkatan mahasiswa tujuan Nagano dan Hokkaido ini.

“Terimakasih PT YDS dan LPK KS, saya berharap internship ini bukan hanya untuk para mahasiswa Pertanian dan Perikanan, tetapi meluas ke jurusan lain di Unsoed, yang mahasiswanya ada lebih dari 20 ribu,” harapnya.

Dukungan senada disampaikan Dekan Fakultas Perikanan Unsoed. Program Internship ke Jepang sangat bagus karena membuka pengalaman dan ilmu mahasiswa secara langsung.

“Para mahasiswa belajar mandiri dan menerapkan teori yang mereka pelajari di negeri sakura, ini bagus sekali,” paparnya.

Acara pelepasan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Komisaris PT YDS (Dr.Musa Yosep) didampingi Direktur Utama PT YDS (Nana Nuzul Husnah), Direktur SDM dan Keuangan PT YDS (Marnarita Yarsi), dan Kepala LPK KS (Lula Bagus).

Prosesi tersebut dilanjutkan dengan pemasangan jaket almamater sebagai pelepasan simbolik kepada mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang April 2022.

Pada acara tersebut, juga diluncurkan website PT YDS secara resmi.

Direktur Utama PT YDS menyampaikan program ini akan terus dioptimalkan untuk dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa dalam melakukan percepatan dalam meningkatkan kapasitas diri dengan menimba ilmu dan pengalaman di negeri Sakura.

Acara berlangsung secara hybrid, dihadiri pula oleh keluarga besar Unsoed di Purwokerto, para orang tua, BPRS Dana Amanah Surakarta selaku mitra pembiayaan program internship dan perwakilan PT YDS – LPK KS yang berada di Jepang.

Para mahasiswa tampak sangat antusias menjelang keberangkatan. Satu persatu berpamitan kepada perwakilan Unsoed yang hadir.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini