BANYUMAS(TERASMEDIA.ID) – Dalam rangka Hari Juang Kartika ke- 77 tahun 2022, Korem 071/Wijayakusuma mengadakan bakti sosial donor darah, Rabu(14/12/2022).

Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra mengatakan kegiatan donor darah dilaksanakan di Gedung Jendral Ahmad Yani Korem 071/ Wijayakusuma di Sokaraja Banyumas.

“Acara ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan semoga dapat terus berkelanjutan dengan TNI, komunitas masyarakat, dan rekan rekan yang lain ikut dan turut serta bahu membahu menciptakan masyarakat yang kuat dan sehat sehingga lebih produktif dan mewujudkan TNI AD selalu ada di hati rakyat,” kata Letkol Inf Candra.

Kepala Seksi Pelayanan Darah UTD PMI Kabupaten Banyumas dr. Handika Rheza Alfianto mengucapkan banyak terimakasih kepada Komandan Korem 071/Wijayakusuma beserta jajaranya dan segenap para pendonor yang semangat juangnya sangat luar biasa dalam menyelamatkan sesama melalui kegiatan donor darah.

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, acara ini berjalan lancar dengan diikuti 256 peserta dari Korem, Kodim, Denkesyah, RS DKT, Polresta dan organisasi kemasyarkatan lain dengan perolehan 113 kantong darah.

“Kegiatan ini sangat membantu sekali, terutama disaat kondisi stok darah golongan O sempat kritis,” terang dokter Handika Rheza.

Dikatakan, pada tahun 2022, rata-rata kebutuhan darah harian adalah 210 kantong. Akan tetapi mendekati akhir tahun kebutuhan darah semakin meningkat.

“Bahkan sampai hari ini sudah menyentuh angka 220 kantong darah. Hal ini merupakan siklus tahunan dimana mendekati akhir tahun kebutuhan darah mengalami peningkatan tajam,” ungkapnya.

Dia menambahkan, PMI Kabupaten Banyumas terus berupaya memenuhi kebutuhan darah yang terus meningkat di akhir tahun ini.

Cara yang dilakukan dengan memperbanyak frekuensi kegiatan donor darah keliling dari empat tempat per hari menjadi lima tempat per hari dan tentu bekerjasama dengan lintas sektor.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini