KLATEN(TERASMEDIA.ID)- Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh berbagai pihak untuk menyambut pernikahan putra bungsu Presiden RI, Jokowidodo, Kaesang Pangarep – Erina Gundono.

Diantaranya, aparat Polres Klaten, Jawa Tengah sudah melakukan gelar pasukan untuk pengamanan jalur VVIP, Jalan Raya Yogya – Solo, Kamis(01/12/2022).

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo menjelaskan, sebanyak 599 personel disiagakan untuk berjaga di sepanjang Jalan Raya Yogya-Solo. Kesiapsiagaan akan dilakukan mulai tanggal 8 Desember 2022 sampai usai royal wedding.

“Rangkaian kegiatan VVIP akan dimulai pada tanggal 8-10 Desember. Personel yang terlibat kurang lebih 599 personel, yang kami antisipasi jalur Yogya ke Solo maupun Solo ke Yogya,” jelas Kapolres Eko seusai apel pengecekan pasukan di halaman Mapolres Klaten.

Dijelaskan, personel akan bertugas dan berjaga untuk memastikan kelancaran dan keselamatan perlintasan tamu VVIP di sepanjang Jalan Yogya-Solo maupun sebaliknya.

“Fokus pengamanan dilaksanakan pada titik-titik rawan, diantaranya traffic light, persimpangan besar, titik median jalan yang terdapat potongan lajur maupun gang kecil lainnya,” ujar Kapolres.

Kapolres menyatakan, dalam pengamanan VVIP ini nantinya juga akan melibatkan TNI dan Dinas Perhubungan. Dalam pembagian tugasnya, setiap titik median jalan akan dijaga sekitar satu sampai dua personel.

“Jadi kami pastikan anggota tahu titik lokasi ploting-nya dimana dan nanti ditambah personil dari Kodim dan dinas perhubungan. Kalau yang paling banyak dari Yogya ke Solo sekitar 80 titik, kalau dari Solo ke Yogya sekitar 38 titik, ini titik median karena panjang jalur Yogya-Solo sekitar 33,8 kilometer,” ucap Kapolres.

Pihaknya mengantisipasi, titik kemacetan dan rawan ada di depan Pasar Delanggu, karena banyak median jalan.

“Untuk para pengguna jalan, harap berhati-hati, karena jalur Jalan Raya Yogya-Solo akan berbeda selama royal wedding berlangsung,” pungkas Kapolres.(Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini