Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di tengah- tengah antara Chacha Frederica dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, sedang selfi dengan para peserta upacara.(FOTO:TM/ Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Upacara peringatan hari jadi ke- 418 Kabupaten Kendal tahun 2023 dilaksanakan di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Jumat(28/07/2023).

Sebagai pembina upacara peringatan hari jadi ke- 418 Kabupaten Kendal ini, Bupati Kendal Dico M Ganinduto tanpa Wakil Bupati Windu Suko Basuki.

Upacara ini, diikuti  Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), seluruh ASN yang ada di lingkungan Setda Kendal, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Bahkan, tamu undangan istimewa yakni Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga hadir di acara ini.

Gibran juga ikut mendampingi Bupati Kendal Dico M Ganinduto berkeliling mengitari lapangan untuk bersalam- salaman dengan para peserta upacara.

Ketika anak- anak sekolah yang hadir di upacara ini meminta selfi bersama dengan bupati, Gibran pun juga ikut selfi bersama di tengah- tengah kerumunan anak- anak itu.

Ketika Gibran dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan atas kehadirannya pada upacara ini, Gibran hanya menjawab, “Saya hanya memenuhi undangan bupati saja,”katanya singkat.

Sedangkan saat ditanya terkait akan maju di Pilkada Jawa Tengah tahun 2024, Gibran juga menjawab singkat, bahwa dirinya tidak membahas soal Pilkada 2024.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan bahwa atas nama pribadi dan mewakili seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Kendal yang ke-418.

Dico mengatakan bahwa ke depan Kabupaten Kendal bisa menjadi kabupaten yang maju, menjadi kabupaten yang memiliki daya saing yang tinggi, masyarakatnya memiliki karakter dan kecerdasan yang baik dan tentunya seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal bisa bekerja secara efektif dan efisien.

Dico berpesan kepada seluruh ASN yang hadir untuk memberikan kontribusi dan pelayanan yang terbaik terhadap seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal, agar Kabupaten Kendal ke depan menjadi kabupaten yang jauh lebih maju pembangunannya, serta masyarakatnya juga jauh lebih sejahtera.

Dico menyampaikan, bahwa di masa periode pemerintahan dirinya, yakni sejak awal tahun 2021 hingga sekarang, pihaknya fokus terhadap empat pilar pembangunan yaitu, Industri, Pariwisata, UMKM dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Generasi 4.0.

Dikatakan bahwa, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal, sampai saat ini bisa mencapai dan menjadi harapan dari Pemerintah Kabupaten Kendal.

Pada tahun 2022, di bidang industri, pertumbuhan investasi merupakan pertumbuhan tertinggi sepanjang massa yang pernah ada di Kabupaten Kendal dan pertama kali Kabupaten Kendal, mendapatkan peringkat lima besar pertumbuhan investasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Ini merupakan upaya dukungan dari seluruh pihak termasuk termasuk masyarakat Kabupaten Kendal yang sudah mendukung segala program terkait dengan kemudahan investasi, dan memberikan kepercayaan kepada pemerintah Kabupaten Kendal,”kata Dico.

Dico meminta, efek baik yang dirasakan semua pihak terhadap pertumbuhan industri, bisa berdampak terhadap pertumbuhan Kabupaten Kendal dan juga bagaimana memberikan ruang seluas luasnya bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan kesempatan bekerja.

“Pada tahun 2022, jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Kendal sebanyak 1, 5 juta dan itu angka tertinggi sepanjang massa, yang pernah ada di Kabupaten Kendal. Ini artinya, bahwa industri dan pariwisata di Kabupaten Kendal bisa jauh lebih maju,”ujar Dico.

Kemudian terkait dengan pertumbuhan UMKM yang ada di Kabupaten Kendal, di tahun 2022, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal mencapai angka 5, 8 persen atau di atas rata- rata provinsi maupun nasional secara umum.

Sehingga pertumbuhan ekonomi ini, data dari BPS, adalah bagaimana pemerataan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kabupaten Kendal, juga berkaitan dengan perkembangan dunia UMKM atau ekonomi menengah, ekonomi makro yang sekarang sudah mulai jauh lebih menggeliat lagi di Kabupaten Kendal.

Dan terkait dengan pengembangan sumber daya manusia(SDM) yang ujung tombaknya yaitu pendidikan, bahwa indikator dari pendidikan, terkait dengan pertumbuhan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Kendal pada tahun 2022, angka lama sekolah di Kabupaten Kendal meningkat jauh signifikan dibandingkan dengan tahun- tahun sebelumnya.

“Artinya, kesadaran masyarakat untuk peduli dengan dunia pendidikan, bisa kami wujudkan bersama- sama pada tahun 2022, sehingga empat indikator pertumbuhan ekonomi yang kami tetapkan sebagai landasan untuk bisa memberikan yang terbaik di Kabupaten Kendal, sampai tahun 2022 semuanya bisa kami capai dengan baik,”papar Dico.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini