Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam sedang memantau pelaksanaan pengamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di tingkat PPK.(Foto:TM/Humas)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam memantau pelaksanaan pengamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di tingkat PPK, yang dilakukan oleh 20 Polsek jajaran, Senin(19/02/2024).

Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam melalui Kasihumas, Iptu Suyana mengatakan bahwa di sejumlah 20 Polsek jajarannya telah melaporkan hasil pemantauan pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di tingkat PPK, meskipun belum 100 persen dapat diselesaikan.

“Meskipun di Kabupaten Sragen ada yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), yaitu di TPS 05 Desa Tenggak Sidoharjo, namun lebih dari 34.47 persen PPK sudah melakukan rapat pleno di tingkat PPK,“ jelas Iptu Suyana.

Menurut Iptu Suyana, tahap rekapitulasi di tingkat PPK, memperoleh pengamanan secara penuh dari jajaran Kepolisian khususnya oleh para Bhabinkamtibmas bersama TNI serta Linmas di masing-masing PPK.

Sementara data yang berhasil dihimpun, bahwa di Kabupaten Sragen terdapat 20 PPK/ kecamatan, dengan jumlah desa/ kelurahan sebanyak 208, serta jumlah TPS sebanyak 3.406.

Dari jumlah TPS yang ada di Kabupaten Sragen, hingga Minggu, 18 Februari 2024, sejumlah 1.072 TPS telah selesai melaksanakan rapat pleno, sementara 2.334 TPS belum melaksanakan rapat pleno di tingkat PPK, namun dapat dipastikan bahwa situasi Kabupaten Sragen hingga saat ini aman dan kondusif.

“ Pengamanan ini dilakukan Polres Sragen dan jajaran Polsek untuk memastikan keamanan proses rekapitulasi, dengan harapan bahwa hingga pelaksanaan rapatpPleno di tingkat PPK se- Kabupaten Sragen dapat berjalan dengan aman dan lancar tidak ada kendala, “ ujar Iptu Suyana.

Seperti dipantau tim media ini, bahwa sebelumnya Kapolres, bersama para pejabat utama Polres Sragen juga telah melakukan kunjungan di sejumlah PPK Kecamatan Sragen diantaranya Mondokan, Sukodono, Sidoharjo serta sejumlah PPK lainnya.

Dalam kunjungannya, Kapolres didampingi pula oleh pejabat pemerintah setempat, yakni camat, PPK dan Panwascam, untuk melakukan pengecekan keamanan kotak suara hasil pemungutan suara Pilpres dan Pileg di sejumlah PPK Kabupaten Sragen.

Kapolres berpesan, bahwa keamanan kotak suara harus ekstra ketat, begitu pula saat dilakukan pergeseran kotak suara hasil pemungutan suara Pemilu 2024 harus mendapatkan pengawalan dari TNI-Polri serta dibantu Linmas.(Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini