Dirut PT PLN, Darmawan Prasodjo dengan pejabat lain sedang mengecek gardu induk.(Foto:TM/ Hasna)

KLATEN(TERASMEDIA.ID)– Direktur Utama (Dirut) PT PLN, Darmawan Prasodjo, melakukan pengecekan di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Pedan, Klaten, Sabtu (06/04/2024).

Pengecekan ini dilakukan, untuk memastikan pasokan listrik selama lebaran tahun ini aman, selain itu, GITET 500 KV Pedan ini, posisinya juga sangat penting.

Gardu induk ini menyambung listrik 500 KV dari Paiton, Jatim, lalu diteruskan ke Barat, yaitu ke Kesugihan sampai ke Jakarta.

Salain itu juga menyambung aliran Utara ke Selatan dan dari Selatan ke Utara lewat Ungaran.

“Gitet Pedan ini memasok listrik untuk Solo Raya dan obyek vital di Yogyakarta,” jelas Darmawan.

Pengecekan ini juga sekaligus untuk memetakan pertumbuhan beban listrik di masa depan. Karena dalam waktu dekat PT PLN akan membangun Gardu Induk di Ampel Boyolali.

“Kami cek semua peralatan dan memetakan beban di masa depan dan bagaimana membangun sistem yang jauh lebih handal lagi dengan adanya pembangunan gardu induk tegangan ekstra tinggi di Ampel,” kata Darmawan.

Di Apel Siaga sambut Lebaran ini, Darmawan juga memastikan pasokan listrik aman untuk Jawa – Madura – Bali, selama lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 berlangsung.

Daya pasokan yang dimiliki PT PLN sebesar 45 Gigawatt. Sementara beban puncak selama lebaran hanya 21 Gigawatt. Bila dibandingkan hari biasa, beban puncak cukup tinggi yaitu 31 Gigawatt. Hal ini disebabkan karena banyak industri yang libur saat lebaran.

“Pasokan listrik selama lebaran kami pastikan aman. Semoga saudara-saudara kita yang mudik lebaran di kampung halamannya, berlangsung lancar dan nyaman, tidak ada kendala pasokan listrik,” ujar Darmawan.

Darmawan juga memastikan, untuk rest area jalur tol Jawa dan Sumatera, sudah dilengkapi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 879 rest area sebanyak 1300 SPKLU.

Jarak antar rest area hanya 23 kilometer, sehingga mobil listrik bisa mengisi baterei dengan mudah. Juga dibantu petugas PLN dengan sigap.

Untuk Siaga Lebaran, PT PLN sudah mulai membuka sejak tanggal 3 April sampai 19 April 2024.

“PLN menyiapkan 81 ribu petugas di 2.700 posko yang tersebar di seluruh Indonesia,” pungkas Darmawan. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini