BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Pasca dilantik sebagai Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Banyumas, sebanyak 81 anggota Panwaslu langsung terjun ke lapangan.

Selain berkoordinasi dengan forkopincam, mereka juga terlibat langsung dalam tahapan pengawasan verifikasi faktual calon peserta pemilu.

“Panwaslu di Kabupaten Banyumas langsung berkoordinasi dengan para Camat, Kapolsek dan Danramil di wilayah masing-masing. Koordinasi dengan pihak kecamatan terkait dengan fasilitasi kantor kesekretariat dan kebutuhan pegawai yang ada,” kata Asep Henry Habibulloh, SPd MPd, Kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Banyumas, Selasa (01/11/2022).

Selain memastikan lokasi calon kantor kesekretariatan, mereka juga memastikan penugasan ASN yang akan ditempatkan sebagai Kepala Kesekretariatan, PUMK (Bendahara) dan Tenaga Teknis.

Ketiga ASN merupakan kewajiban pihak Pemkab untuk memfasilitasi, karena anggaran Panwaslu kecamatan merupakan dana pemerintah yang harus dikelola oleh ASN.

“Sementara itu untuk tenaga pendukung, akan direkrut tiga staf non ASN dan dua orang untuk keamanan serta pramusaji,”ujar Asep.

Sementara itu, Kordiv Hukum dan Sengketa Bawaslu Banyumas, Rifan Muhajirin SHI, sekaligus PIC tahapan pengawasan pendaftaran, verifikasi dan penetapan peserta pemilu menambahkan, Panwaslu Kecamatan di Banyumas juga sudah diturunkan ke lapangan.

“Setelah dilantik dan diberi pembekalan awal, mereka kami terjunkan di seluruh wilayah kabupaten dan ikut mengawasi verifikasi keanggotaan dan kepengurusan calon peserta pemilu. Termasuk pengawasan di kantor-kantor partai politik yang diverifikasi faktual,” ujar Rifan.

Hingga saat ini partai politik yang diverifikasi oleh KPU Banyumas diantaranya PBB, PSI, Gelora, Umat, Garuda, Perindo, Partai Buruh. Partai tersebut merupakan calon peserta pemilu 2024 yang tidak memiliki kursi di DPR RI.

Sementara untuk partai yang sudah memiliki kursi di DPR RI hanya dilakukan verifikasi administrasi saja tanpa verifikasi faktual. Diantaranya PDIP, P Golkar, PKB, Gerindra, PKS, PPP, PAN, Nasdem, dan Demokrat. (BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini