Suasana pelantikan pengurus PSHT cabang Sragen.(FOTO:TM/ SL)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Ketua dan Pengurus Ranting Persaudaraan Setia Hati Terate(PSHT) Cabang Sragen, masa bakti 2023-2026 resmi dilantik oleh Ketua Cabang di Gedung Kartini Kabupaten Sragen,Minggu(22/01/2023).

Pelantikan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Sragen, Forum Komunikasi Pencak Silat Sragen (FKPSS), Ketua Cabang PSHT se-Solo Raya, Ketua Perwapus Jawa Tengah dan Ketua PSHT Pusat Madiun.

Sebelumnya, pada bulan Desember 2022 lalu, sebanyak 20 ranting/kecamatan telah melaksanakan parapatan ranting, yang mana parapatan ranting dilakukan karena masa bakti ketua maupun pengurus lama sudah selesai atau berakhir masa jabatan.

Pada aturan AD/ART PSHT , ketua dan pengurus ranting memiliki masa bakti selama 3 tahun, sehingga jika masa bakti tersebut telah selesai maka harus dilakukan parapatan ranting. Dalam AD/ART itu pun juga mengatur tentang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaannya.

Parapatan Ranting yakni, pembentukan pengurus ranting baru di masa jabatan tertentu, di situlah terjadinya pergantian stuktur kepengurusan atau biasa disebut re-organisasi.

Apabila suatu ranting telah melaksanakan parapatan, maka ketua cabang akan memberikan SK kepada ketua ranting dan menerangkan di dalam kepengurusannya ada jabatan seksi-seksi lainnya sesuai kebutuhan ranting tersebut.

“Acara pelantikan yang digelar ini merupakan syarat sah sebagai tanda bahwa ketua cabang telah meresmikan ketua beserta pengurus ranting untuk menjalankan kinerja organisasi PSHT di tingkat wilayah ranting/kecamatan,”kata Ketua Dewan Pertimbangan Cabang PSHT Edhy Indriyanto.

Edhy Indriyanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya pelantikan ketua dan pengurus ranting se-Kabupaten Sragen. Edhy berpesan bahwa setelah ketua dan pengurus dilantik, ke depan bisa menjalankan amanah organisasi dengan sebaik-baiknya dengan didasari ketulusan dan keikhlasan.

“Kami berharap, saudara-saudara yang telah dilantik bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, penuh keikhlasan dan ketulusan,” kata Edhy.

Menurut Edhy, menjadi seorang pengurus ranting harus siap menjaga marwah ajaran PSHT, karena PSHTmerupakan organisasi pencak silat terbesar.

“Pengurus harus siap menjaga marwah ajaran, PSHT adalah organisasi besar, harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perwapus Jawa Tengah PSHT, (Purn) AKBP Sapto Yohanes, mengapresiasi positif acara ini. Sapto mengungkapkan bahwa PSHT Cabang Sragen sangat luar biasa. Pihaknya berpesan kepada anggota warga PSHT khususnya di cabang Sragen agar selalu menjaga kondusifitas, serta mengedepankan persaudaraan.

“Kami berharap agar semua warga PSHT bisa menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing, serta mengedepankan persaudaraan,” harapnya.

Pihaknya mengucapkan selamat kepada seluruh ketua dan pengurus ranting yang telah dilantik, semoga bisa menjalankan amanah demi organisasi.( SL )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini