SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Ratusan orang menyaksikan pagelaran wayang purba yang digelar di salah satu rumah warga Dukuh Ngelo, Desa Saren, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Sabtu(21/01/2023) malam.

Pagelaran wayang purba ini, dihadiri anggota DPRD Jateng Sriyanto Saputro.

Di tengah tengah- tengah warga yang menyaksikan hiburan wayang, Sriyanto Saputro disambut dengan hangat.

Ditemui di sela-sela nonton wayang bareng ini, Sriyanto Saputro mengatakan bahwa pihaknya hadir untuk bersilahturahmi bersama warga Saren.

“Saya ingin mengangkat wayang purba, karena wayang purban ini wayang yang unik di dunia. Bahwa situs manusia purba adanya hanya di Sangiran,” kata Sriyanto.

Menurut Sriyanto, dengan dikenalkannya wayang purba ini bisa mempopulerkan dan membawa nama Sragen.

“Ini salah satu bentuk mempopulerkan wayang purba, ternyata dengan alat yang sederhana dan warga sekitar sini juga dekat dengan Sangiran, ternyata masyarakat sangat antusias sekali melihat pagelaran ini,” ujar Sriyanto.

Pegelaran wayang purba tidak perlu semalam suntuk, tapi minimal warisan leluhur ini tidak hilang di negeri ini.

“Minimal kembali mengenalkan wayang ini kepada anak-anak kita. Ya tau kalau manusia purba dulu ada di Sangiran, minimal tau keberadaan manusia purba di dunia ada di Sragen, dan ini perlu diuri- uri,”ucap Sriyanto.

Sriyanto berharap, dengan pagelaran wayang ini, wayang tidak dilupakan oleh anak cucu.

“Ini harus diuri-uri, kalau tidak kita siapa lagi. Jangan sampai anak cucu kita meninggalkan warisan budaya ini bahkan tidak tau wayang,” ungkapnya.

Dengan wayang purba yang baru di populerkan ini, Sriyanto yakin akan menjadi ikon baru di bumi Sukowati.

“Mudah mudahan ini menjadi ikon baru di Sragen, saya minta Mas Joni kalau perlu ini dipatenkan. Jangan sampai nanti diklaim oleh pihak lain. Saya harap pemerintah kabupaten juga ikut menenarkan dan jadi aset budaya kita,” harapnya.

Sementara itu, Joko Sulistyo (51), salah warga Dukuh Karangsono RT 3, Desa Saren, Kalijambe, Sragen mengatakan, wayang purba harus segera dipopularkan lagi dan dikenalkan ke masyarakat lebih luas.

“Ini hal yang baru. Saya baru melihat dan bagus sekali tidak kalah dengan wayang- wayang lainnya. Alur ceritanya juga bagus. Harapan saya ini harus dilestarikan,”harapnya.( SL )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini